DIECAST MINIATUR MOBIL Kuala Tungkal

DIECAST MINIATUR MOBIL Kuala Tungkal

DIECAST MINIATUR MOBIL Kuala Tungkal
Bro/Sis tahu diecast?

Mobil-mobilan?

K'Lo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau & denger dong merk yg pertama... krn anak2 pria terus-menerus merengek minta dibelikan bila ke minimarket dekat kediaman dengan kata lain supermarket-supermarket gede di kota, terhitung jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yakni mainan dgn kata lain rupa yang diproduksi menggunakan teknik die-casting, yg berarti lewat metode pelelehan logam atau logam utk selanjutnya dituang & dicetak sesuai dgn rupa yg diinginkan. Die-cast metal dirancang dari metal (logam) bersama plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kuala Tungkal
Bahan
Metal yg dipakai biasanya yakni zamak (mazak) yang merupakan alloy (campuran) zinc (seng) beserta alluminium. Zamak juga dikenal bagaikan white logam alias pot metal. Mainan yang lazim memakaikan cara die casting biasanya yaitu mainan model dengan ukuran contohnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Biarpun sesungguhnya apapun sanggup dikerjakan dengan aturan ini.

Di atas ialah istilah ilmiahnya, tapi buat para penggemar diecast, para om bersama tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak betul-betul perduli dgn istilahnya, krn mereka bisa serupa keracunan / addicted jika sudah tersandung cinta pada design tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, serta lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini enggak care jika versi mini incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan nilai selangit, dgn kata lain enggak rasional buat orang pd umumnya.

Model-model modeling yang sedang digandrungi, semacam datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah amat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol merupakan sebutan bakal para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) persediaan koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sungguhpun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 atau lebih), tapi memiliki nilai ekonomi yg amat bagus kalau kita sanggup jeli memandang peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dapat mendapatkan lbh penghidupan dari menekuni bisnis miniatur ini. Terlebih banyak yg dapat menghidupi keluarganya murni hyn dari pekerjaan modeling ini.

Kebetulan saya yakni salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan saya semasa hobi mainan ini, hingga dgn terlibat bersama melaksanakan jual-beli, peredaran uang di usaha mainan modeling ini tak main-main. Di puluhan grup FB yang saya ikuti, maupun di Instagram, masing-masing 24 hour ada ratusan jual/beli bagus jual belanja ataupun lelang yang nilainya sanggup fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yg menghabiskan 5000-Seribu pcs miniatur sekali melaksanakan lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yg menjalankan lelang kecil-kecilan atau sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kuala Tungkal

DIECAST MINIATUR MOBIL Kuala Tungkal

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, k'lo lima ribu pcs versi mini yg dilelang, aliran uang yg terjadi di sini sanggup menggapai 100 juta hingga 300an juta rupiah. Belom lagi kalau ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yang jual/beli jual belanja langsung...pasti angkanya dpt wow untuk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kuala Tungkal
Harga
Value juga amat bermacam-macam serta berat menjelma tinggi, sampai-sampai sangat tinggi untuk item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Harga versi mini gantungan (sebutan bagi hotwheels dan lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun kalo jenis modeling tertentu sedang naik daun dan berubah incaran para kolektor, harganya dpt menjelma ratusan ribu, jutaan, bahkan puluhan juta. Versi Mini yg menjelma merchandise di event tertentu juga pasti sanggup berubah melambung harganya. Pada hajatan IDE (Indonesia Miniatur Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kuala Tungkal
Cerita
Byk cerita yang terjadi di dunia gemar yg 1 ini. Tapi bakal orang serupa saya, yg seorang kolektor, kegemaran ini, mencintai versi mini sanggup berubah sangat menguntungkan. Untuk item tertentu bisa kita hold/tahan sampai price naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dpt bagi weekend bersama keluarga, alias jalan-jalan akhir tahun tanpa pakai merintangi kas primer keluarga...he2...

Nah, sedianya banyak peluang dari hal-hal yg kita sukai atau dari hyn demen kita utk mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita mau menyikapinya, pengen memulainya, mau menekuninya, seperti saya beserta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kuala Tungkal

DIECAST MINIATUR MOBIL Kuala Tungkal

DIECAST MINIATUR MOBIL Kuala Tungkal

LihatTutupKomentar