DIECAST MINIATUR MOBIL Kubu Raya

DIECAST MINIATUR MOBIL Kubu Raya

DIECAST MINIATUR MOBIL Kubu Raya
Anda tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalau merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti pernah tau bersama denger dong merk yang pertama... krn anak2 laki-laki selamanya merengek minta dibelikan kalau ke minimarket dekat bangunan atau supermarket-supermarket gede di kota, termasuk jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yaitu mainan dengan kata lain design yang diproduksi menerapkan program die-casting, yg bermakna melalui prosedur pelelehan metal alias logam untuk sesudahnya dituang beserta dicetak setakar dgn jenis yang diinginkan. Die-cast metal diproduksi dari metal (logam) dengan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kubu Raya
Bahan
Metal yg dipakai kebanyakan merupakan zamak (mazak) yang ialah alloy (campuran) zinc (seng) bersama alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white metal alias pot metal. Mainan yg jamak menggunakan strategi die casting lazimnya adalah mainan design dengan size contohnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Meskipun sedianya apapun dpt dikerjakan dgn langkah ini.

Di atas ialah sebutan ilmiahnya, namun utk para penggemar diecast, para om dengan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini nggak kelewat perduli dgn istilahnya, sebab mereka dpt seperti keracunan / addicted k'lo sudah tersandung cinta pd design tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, & lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur nggak concern kalo miniatur incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan nilai selangit, dgn kata lain nggak rasional bagi orang pd umumnya.

Model-model diecast yg sedang digandrungi, semacam datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma amat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni maupun para kolekdol. Kolekdol ialah sebutan utk para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) produk koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini biarpun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 alias lebih), tapi mendapatkan value ekonomi yg amat bagus jika kita dapat jeli menengok peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dapat menerima extra nafkah dari menekuni pekerjaan miniatur ini. Sampai-Sampai byk yang dpt menghidupi keluarganya murni cuman dari usaha diecast ini.

Kebetulan penulis merupakan salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan penulis selagi hobi mainan ini, hingga dengan terlibat dan melaksanakan jual-beli, pergantian uang di bisnis mainan modeling ini enggak main-main. Di puluhan grup FB yang penulis ikuti, ataupun di Instagram, tiap hari ada ratusan transaksi baik jual pesan maupun lelang yg nilainya mampu fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yang menghabiskan 5000-1000 pcs modeling sekali menjalankan lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yang melaksanakan lelang kecil-kecilan dgn kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kubu Raya

DIECAST MINIATUR MOBIL Kubu Raya

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalau lima ribu pcs modeling yg dilelang, sirkulasi uang yang terjadi di sini bisa sampai 100 juta sampai 300an juta rupiah. Blm lagi kalo ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yang transaksi jual berbelanja langsung...pasti angkanya dpt wow untuk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kubu Raya
Harga
Harga juga sangat bervariasi dan miring berubah tinggi, terlebih sangat tinggi buat item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai modeling gantungan (sebutan bakal hotwheels & lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun k'lo tipe versi mini tertentu sedang naik daun dengan berubah incaran para kolektor, harganya bisa menjadi ratusan ribu, jutaan, bahkan puluhan juta. Miniatur yang menjadi merchandise di event tertentu juga pasti dpt menjadi melambung harganya. Pd perhelatan IDE (Indonesia Diecast Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise miniatur morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kubu Raya
Cerita
Byk dongeng yang terjadi di dunia hobi yang satu ini. Namun bagi orang semacam saya, yang seorang kolektor, demen ini, mencintai modeling mampu menjadi amat menguntungkan. Untuk item tertentu dapat kita hold/tahan sampai price naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dapat bakal weekend bersama keluarga, alias jalan-jalan akhir tahun tanpa pakai menggerecoki kas esensial keluarga...he2...

Nah, sebenarnya byk kesempatan dari hal-hal yg kita sukai alias dari sekadar kegemaran kita bakal mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita pengen menyikapinya, hendak memulainya, pengen menekuninya, semacam penulis & kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kubu Raya

DIECAST MINIATUR MOBIL Kubu Raya

DIECAST MINIATUR MOBIL Kubu Raya

LihatTutupKomentar