DIECAST MINIATUR MOBIL Kutai Barat

DIECAST MINIATUR MOBIL Kutai Barat

DIECAST MINIATUR MOBIL Kutai Barat
Anda tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalau merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau bersama mendegar dong merk yang pertama... sebab anak2 cowok senantiasa merengek minta dibelikan k'lo ke minimarket dekat kediaman atau supermarket-supermarket besar di kota, tercantum jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast adalah mainan dengan kata lain model yg diproduksi memakaikan petunjuk die-casting, yang bermakna lewat operasi pelelehan metal dgn kata lain metal bakal selanjutnya dituang dan dicetak bertimbal dengan tipe yg diinginkan. Die-cast logam diproduksi dari metal (logam) dengan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kutai Barat
Bahan
Metal yg dipakai umumnya ialah zamak (mazak) yg merupakan alloy (campuran) zinc (seng) dengan alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white logam dengan kata lain pot metal. Mainan yang lumrah memakaikan langkah die casting biasanya ialah mainan desain dengan skala contohnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sekalipun sesungguhnya apapun mampu diproses dengan manual ini.

Di atas yakni nama ilmiahnya, tapi utk para penggemar diecast, para om dengan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tak kelewat perduli dengan istilahnya, sebab mereka bisa seperti keracunan / addicted kalau udah tersandung cinta pd tipe tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, beserta lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur enggak peduli kalo miniatur incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dgn nilai selangit, alias enggak rasional bakal orang pada umumnya.

Model-model diecast yang sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol ialah nama untuk para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) produk koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sekalipun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 atau lebih), tetapi mempunyai value ekonomi yang sangat bagus bila kita sanggup jeli memandang peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dapat menerima extra gaji dari menekuni pencaharian versi mini ini. Terlebih byk yang dapat menghidupi keluarganya murni cukup dari bisnis modeling ini.

Kebetulan saya ialah salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya selagi menyukai mainan ini, hingga dgn terlibat & mengerjakan jual-beli, perpindahan uang di usaha mainan modeling ini tak main-main. Di puluhan grup facebok yg penulis ikuti, ataupun di Instagram, tiap hari ada ratusan jual/beli baik jual beli maupun lelang yg nilainya dpt fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yg menghabiskan 5000-Seribu pcs diecast sekali menjalani lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yg melaksanakan lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kutai Barat

DIECAST MINIATUR MOBIL Kutai Barat

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalo lima ribu pcs diecast yg dilelang, aliran uang yg terjadi di sini dapat sampai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Belom lagi bila ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yang jual/beli jual pesan langsung...pasti angkanya dpt wow bagi mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kutai Barat
Harga
Price juga sangat berupa-rupa & berat menjadi tinggi, malahan amat tinggi bakal item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai versi mini gantungan (sebutan bakal hotwheels bersama lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun kalau model modeling tertentu sedang naik daun & berubah incaran para kolektor, harganya bisa berubah ratusan ribu, jutaan, sampai-sampai puluhan juta. Miniatur yg berubah merchandise di event tertentu juga pasti sanggup berubah melambung harganya. Pada hajatan IDE (Indonesia Miniatur Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kutai Barat
Cerita
Byk dongeng yang terjadi di dunia kesenangan yg 1 ini. Tetapi utk orang serupa saya, yg seorang kolektor, doyan ini, mencintai miniatur dpt menjelma sangat menguntungkan. Bagi item tertentu bisa kita hold/tahan sampai harga naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya sanggup bakal weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir thn nggak usah memprovokasi kas pokok keluarga...he2...

Nah, sesungguhnya byk probabilitas dari hal-hal yg kita sukai dengan kata lain dari hanya hobi kita bakal mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita kepingin menyikapinya, pengen memulainya, ingin menekuninya, sebagaimana penulis dengan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kutai Barat

DIECAST MINIATUR MOBIL Kutai Barat

DIECAST MINIATUR MOBIL Kutai Barat

LihatTutupKomentar