DIECAST MINIATUR MOBIL Lamandau

DIECAST MINIATUR MOBIL Lamandau

DIECAST MINIATUR MOBIL Lamandau
Anda tahu diecast?

Mobil-mobilan?

K'Lo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau serta dengar dong merk yg pertama... karna anak2 laki-laki senantiasa merengek minta dibelikan kalo ke minimarket dekat rumah atau supermarket-supermarket besar di kota, termasuk jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast merupakan mainan dgn kata lain tipe yg diproduksi memakekan sistem die-casting, yang berarti memakai prosedur pelelehan metal dgn kata lain logam buat lalu dituang dan dicetak sebati dengan model yg diinginkan. Die-cast logam dikerjakan dari metal (logam) dan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Lamandau
Bahan
Logam yg dipegunakan kebanyakan ialah zamak (mazak) yg merupakan alloy (campuran) zinc (seng) dengan alluminium. Zamak juga dikenal bagaikan white metal alias pot metal. Mainan yang standar menerapkan tata cara die casting umumnya merupakan mainan rupa dengan skala perumpaannya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sekalipun sebenarnya apapun mampu diurus dgn petunjuk ini.

Di atas yaitu terma ilmiahnya, namun bakal para penggemar diecast, para om serta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak kelewat perduli dgn istilahnya, krn mereka dapat serupa keracunan / addicted k'lo udah tersandung cinta pd jenis tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, serta lain-lain, ...seringkali para pencinta diecast tak peduli kalau diecast incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan price selangit, alias enggak rasional bagi orang pada umumnya.

Model-model miniatur yg sedang digandrungi, sebagaimana datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol merupakan nama bakal para kolektor yg juga siap di dol (jawa=jual) persediaan koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini walaupun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 dgn kata lain lebih), tapi memperoleh nilai ekonomi yang amat bagus kalau kita bisa jeli melihat peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) bisa mendapatkan pelengkap penghidupan dari menekuni usaha diecast ini. Lebih-Lebih byk yg dapat menghidupi keluarganya murni hanya dari bisnis diecast ini.

Kebetulan saya ialah salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya semasa menyukai mainan ini, sampai dengan terlibat dan mengerjakan jual-beli, sirkulasi uang di bisnis mainan versi mini ini tak main-main. Di puluhan grup facebok yg penulis ikuti, ataupun di Instagram, masing-masing hari ada ratusan jual/beli positif jual beli ataupun lelang yang nilainya sanggup fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yg menghabiskan 5000-1000 pcs versi mini sekali melaksanakan lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yang mengerjakan lelang kecil-kecilan atau sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Lamandau

DIECAST MINIATUR MOBIL Lamandau

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalo lima ribu pcs versi mini yg dilelang, pergantian uang yg terjadi di sini bisa sampai 100 juta hingga 300an juta rupiah. Belom lagi kalau ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yang transaksi jual berbelanja langsung...pasti angkanya sanggup wow buat mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Lamandau
Harga
Price juga amat berupa-rupa beserta berat menjadi tinggi, malahan amat tinggi untuk item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Harga miniatur gantungan (sebutan buat hotwheels dengan lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun bila design diecast tertentu sedang naik daun dan menjadi incaran para kolektor, harganya mampu menjelma ratusan ribu, jutaan, malahan puluhan juta. Miniatur yang menjadi merchandise di event tertentu juga pasti dpt berubah melambung harganya. Pd hajatan IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Lamandau
Cerita
Banyak dongeng yg terjadi di dunia suka yang satu ini. Namun buat orang semacam saya, yang seorang kolektor, demen ini, mencintai miniatur dpt berubah sangat menguntungkan. Buat item tertentu mampu kita hold/tahan sampai harga naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dapat untuk weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir tahun tanpa pakai menghalangi kas esensial keluarga...he2...

Nah, sebenarnya banyak kesempatan dari hal-hal yg kita sukai dengan kata lain dari hanya senang kita bakal mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita hendak menyikapinya, pengen memulainya, ingin menekuninya, seperti saya & kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Lamandau

DIECAST MINIATUR MOBIL Lamandau

DIECAST MINIATUR MOBIL Lamandau

LihatTutupKomentar