DIECAST MINIATUR MOBIL Luwu Timur

DIECAST MINIATUR MOBIL Luwu Timur

DIECAST MINIATUR MOBIL Luwu Timur
Kamu tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Bila merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti pernah tau dan mendegar dong merk yg pertama... karena anak2 cowo selamanya merengek minta dibelikan k'lo ke minimarket dekat rumah dengan kata lain supermarket-supermarket gede di kota, terkandung jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast ialah mainan atau tipe yang diproduksi menerapkan cara die-casting, yg berarti memakai operasi pelelehan logam dengan kata lain logam utk kemudian dituang beserta dicetak bertimbal dengan rupa yang diinginkan. Die-cast metal dirancang dari logam (logam) bersama plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Luwu Timur
Bahan
Metal yang digunakan umumnya merupakan zamak (mazak) yg yakni alloy (campuran) zinc (seng) bersama alluminium. Zamak juga dikenal selaku white logam dengan kata lain pot metal. Mainan yang standar memakaikan manual die casting umumnya yakni mainan rupa dgn skala ibaratnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Walaupun sedianya apapun bisa diurus dgn petunjuk ini.

Di atas yakni terma ilmiahnya, tetapi bagi para penggemar diecast, para om bersama tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak berlebihan perduli dgn istilahnya, karna mereka dapat sebagaimana keracunan / addicted kalo sudah tersandung cinta pada jenis tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, serta lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur nggak concern kalo diecast incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan harga selangit, alias tak rasional buat orang pd umumnya.

Model-model miniatur yang sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma amat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni maupun para kolekdol. Kolekdol ialah nama bagi para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) stock koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sungguhpun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 dgn kata lain lebih), namun memiliki value ekonomi yg amat bagus jika kita dapat jeli memandang peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) bisa mendapatkan lebih penghasilan dari menekuni karier versi mini ini. Bahkan banyak yg bisa menghidupi keluarganya murni cukup dari pencaharian modeling ini.

Kebetulan saya merupakan salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan saya selama hobi mainan ini, sampai dgn terlibat dengan mengerjakan jual-beli, pergantian uang di usaha mainan miniatur ini nggak main-main. Di puluhan grup FB yang saya ikuti, maupun di Instagram, tiap 24 hour ada ratusan transaksi bagus jual berbelanja maupun lelang yang nilainya bisa fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-1000 pcs versi mini sekali melakukan lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yg mengerjakan lelang kecil-kecilan atau sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Luwu Timur

DIECAST MINIATUR MOBIL Luwu Timur

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, jika lima ribu pcs versi mini yang dilelang, aliran uang yang terjadi di sini mampu sampai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Blm lagi k'lo ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yang transaksi jual membeli langsung...pasti angkanya dpt wow bagi mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Luwu Timur
Harga
Harga juga sangat bervariasi bersama miring menjadi tinggi, malahan amat tinggi buat item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Harga versi mini gantungan (sebutan bagi hotwheels serta lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun k'lo tipe miniatur tertentu sedang naik daun dan berubah incaran para kolektor, harganya bisa menjadi ratusan ribu, jutaan, lebih-lebih puluhan juta. Miniatur yang berubah merchandise di event tertentu juga pasti mampu menjadi melambung harganya. Pd acara IDE (Indonesia Diecast Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Luwu Timur
Cerita
Byk cerita yg terjadi di dunia demen yang 1 ini. Namun buat orang serupa saya, yg seorang kolektor, minat ini, mencintai miniatur bisa berubah sangat menguntungkan. Utk item tertentu mampu kita hold/tahan sampai harga naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya mampu utk weekend bersama keluarga, dengan kata lain jalan-jalan akhir thn nggak usah mengganggu kas utama keluarga...he2...

Nah, sebenarnya banyak kesempatan dari hal-hal yg kita sukai alias dari hyn hobi kita bagi mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita mau menyikapinya, ingin memulainya, hendak menekuninya, seperti saya dan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Luwu Timur

DIECAST MINIATUR MOBIL Luwu Timur

DIECAST MINIATUR MOBIL Luwu Timur

LihatTutupKomentar