DIECAST MINIATUR MOBIL Manukan Wetan

DIECAST MINIATUR MOBIL Manukan Wetan

DIECAST MINIATUR MOBIL Manukan Wetan
Pembaca tahu diecast?

Mobil-mobilan?

K'Lo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau serta mendegar dong merk yg pertama... sebab anak2 laki-laki senantiasa merengek minta dibelikan kalau ke minimarket dekat permukiman alias supermarket-supermarket gede di kota, tercantum jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast ialah mainan dengan kata lain model yang diproduksi menggunakan petunjuk die-casting, yang berarti melalui proses pelelehan logam atau metal bakal setelah itu dituang bersama dicetak sinkron dgn jenis yang diinginkan. Die-cast logam dirancang dari metal (logam) dengan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Manukan Wetan
Bahan
Metal yg dipake rata-rata yaitu zamak (mazak) yang merupakan alloy (campuran) zinc (seng) serta alluminium. Zamak juga dikenal selaku white metal atau pot metal. Mainan yg umum menerapkan program die casting lazimnya adalah mainan rupa dengan skala contohnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Biarpun sesungguhnya apapun dapat diproduksi dengan arahan ini.

Di atas ialah terma ilmiahnya, tapi bakal para penggemar diecast, para om bersama tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tak kelewat perduli dgn istilahnya, karena mereka bisa semacam keracunan / addicted kalo sudah tersandung cinta pada jenis tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, bersama lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur tak concern kalau versi mini incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dgn price selangit, dengan kata lain nggak rasional buat orang pada umumnya.

Model-model versi mini yang sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol yakni sebutan bagi para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) stock koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini biarpun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 atau lebih), tetapi mendapatkan nilai ekonomi yg sangat bagus bila kita dpt jeli menonton peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) sanggup menemukan komplemen penghasilan dari menekuni pekerjaan miniatur ini. Malahan banyak yang mampu menghidupi keluarganya murni hyn dari pencaharian miniatur ini.

Kebetulan saya yaitu salah satu kolektor, sepanjang pengamatan penulis semasa menyukai mainan ini, hingga dengan terlibat & mengerjakan jual-beli, pertukaran uang di usaha mainan versi mini ini nggak main-main. Di puluhan grup FB yg saya ikuti, maupun di Instagram, masing-masing 24 jam ada ratusan transaksi positive jual membeli maupun lelang yang nilainya mampu fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yg menghabiskan 5000-1000 pcs miniatur sekali melaksanakan lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yang memperbuat lelang kecil-kecilan dgn kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Manukan Wetan

DIECAST MINIATUR MOBIL Manukan Wetan

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, jika 5000 pcs versi mini yg dilelang, pergantian uang yg terjadi di sini dpt mencapai 100 juta sampai 300an juta rupiah. Belom lagi kalo ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg transaksi jual membeli langsung...pasti angkanya dpt wow buat mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Manukan Wetan
Harga
Price juga amat berupa-rupa bersama condong menjelma tinggi, terlebih amat tinggi bakal item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Harga miniatur gantungan (sebutan bagi hotwheels serta lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi kalau tipe miniatur tertentu sedang naik daun bersama menjadi incaran para kolektor, harganya bisa menjadi ratusan ribu, jutaan, malahan puluhan juta. Diecast yg menjadi merchandise di event tertentu juga pasti bisa berubah melambung harganya. Pada hajatan IDE (Indonesia Diecast Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Manukan Wetan
Cerita
Byk dongeng yg terjadi di dunia kesenangan yang 1 ini. Tapi bagi orang semacam saya, yg seorang kolektor, minat ini, mencintai miniatur mampu menjadi sangat menguntungkan. Bagi item tertentu bisa kita hold/tahan hingga nilai naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya mampu utk weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir thn nggak usah mengganggu kas primer keluarga...he2...

Nah, sebetulnya byk probabilitas dari hal-hal yang kita sukai dgn kata lain dari hanya minat kita bagi mendatangkan uang, tinggal gimana kita pengen menyikapinya, pengen memulainya, hendak menekuninya, seperti penulis & kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Manukan Wetan

DIECAST MINIATUR MOBIL Manukan Wetan

DIECAST MINIATUR MOBIL Manukan Wetan

LihatTutupKomentar