DIECAST MINIATUR MOBIL Masohi

DIECAST MINIATUR MOBIL Masohi

DIECAST MINIATUR MOBIL Masohi
Bapak/Ibu tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalau merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau & denger dong merk yang pertama... krn anak2 cowo terus-menerus merengek minta dibelikan jika ke minimarket dekat hunian dengan kata lain supermarket-supermarket gede di kota, terhitung jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast merupakan mainan alias tipe yang diproduksi menerapkan tutorial die-casting, yang berarti melalui sistem pelelehan logam alias metal bagi kemudian dituang serta dicetak serasi dengan bentuk yg diinginkan. Die-cast logam diurus dari logam (logam) serta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Masohi
Bahan
Logam yang dipakai lazimnya merupakan zamak (mazak) yang yaitu alloy (campuran) zinc (seng) bersama alluminium. Zamak juga dikenal bagaikan white logam dgn kata lain pot metal. Mainan yg normal memakaikan strategi die casting kebanyakan yakni mainan model dgn skala contohnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sungguhpun sebenarnya apapun bisa diurus dgn cara ini.

Di atas yaitu terma ilmiahnya, tapi utk para penggemar diecast, para om & tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak kelewat perduli dgn istilahnya, karena mereka bisa sebagaimana keracunan / addicted kalau sudah tersandung cinta pada design tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, & lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini tidak concern bila versi mini incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan harga selangit, alias tak rasional buat orang pada umumnya.

Model-model miniatur yg sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah amat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol merupakan istilah utk para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) barang koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sungguhpun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 atau lebih), tapi mendapatkan value ekonomi yang amat bagus k'lo kita bisa jeli menengok peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) bisa mendapatkan tambahan penghidupan dari menekuni pencaharian versi mini ini. Malahan banyak yg dapat menghidupi keluarganya murni sekadar dari karier miniatur ini.

Kebetulan penulis yakni salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan penulis semasa mengandrungi mainan ini, sampai dgn terlibat serta menjalani jual-beli, pergantian uang di pekerjaan mainan versi mini ini tidak main-main. Di puluhan grup FB yang saya ikuti, maupun di Instagram, setiap 24 hour ada ratusan transaksi positive jual belanja ataupun lelang yang nilainya mampu fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yg menghabiskan 5000-Seribu pcs diecast sekali menjalankan lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yg melakukan lelang kecil-kecilan dgn kata lain sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Masohi

DIECAST MINIATUR MOBIL Masohi

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalo lima ribu pcs diecast yang dilelang, perpindahan uang yang terjadi di sini dpt sampai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Belum lagi kalo ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yang transaksi jual pesan langsung...pasti angkanya dapat wow untuk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Masohi
Harga
Harga juga sangat bermacam-macam dengan berat menjelma tinggi, malahan amat tinggi bagi item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Harga modeling gantungan (sebutan bakal hotwheels beserta lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi kalau tipe modeling tertentu sedang naik daun & berubah incaran para kolektor, harganya sanggup menjelma ratusan ribu, jutaan, sampai-sampai puluhan juta. Diecast yang berubah merchandise di event tertentu juga pasti sanggup berubah melambung harganya. Pada hajatan IDE (Indonesia Miniatur Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Masohi
Cerita
Byk cerita yg terjadi di dunia kegemaran yang satu ini. Namun buat orang semacam saya, yg seorang kolektor, demen ini, mencintai miniatur mampu berubah amat menguntungkan. Buat item tertentu dpt kita hold/tahan sampai price naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya sanggup bakal weekend bersama keluarga, dengan kata lain jalan-jalan akhir thn nggak usah mengaduhkan kas primer keluarga...he2...

Nah, sedianya banyak prospek dari hal-hal yang kita sukai alias dari cuma kegemaran kita bagi mendatangkan uang, tinggal dengan bimbingan apa kita pengen menyikapinya, kepingin memulainya, ingin menekuninya, serupa saya & kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Masohi

DIECAST MINIATUR MOBIL Masohi

DIECAST MINIATUR MOBIL Masohi

LihatTutupKomentar