DIECAST MINIATUR MOBIL Maybrat

DIECAST MINIATUR MOBIL Maybrat

DIECAST MINIATUR MOBIL Maybrat
Kamu tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalau merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau dengan dengar dong merk yang pertama... karna anak2 cowok selalu merengek minta dibelikan bila ke minimarket dekat rumah dgn kata lain supermarket-supermarket besar di kota, tertanam jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast ialah mainan atau rupa yang diproduksi menerapkan strategi die-casting, yang berarti menggunakan prosedur pelelehan logam dgn kata lain metal utk lalu dituang & dicetak sesuai dgn rupa yg diinginkan. Die-cast metal diproses dari metal (logam) & plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Maybrat
Bahan
Logam yg dipake kebanyakan ialah zamak (mazak) yang yakni alloy (campuran) zinc (seng) dan alluminium. Zamak juga dikenal selaku white metal dgn kata lain pot metal. Mainan yg standar memakekan arahan die casting umumnya yaitu mainan desain dengan size contohnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sekalipun sebetulnya apapun mampu dibuat dgn program ini.

Di atas ialah terma ilmiahnya, namun buat para penggemar diecast, para om beserta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini nggak kelewat perduli dengan istilahnya, karena mereka mampu seperti keracunan / addicted jika udah tersandung cinta pd desain tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, beserta lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur enggak care bila modeling incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan harga selangit, alias nggak rasional bagi orang pd umumnya.

Model-model versi mini yang sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol yaitu istilah buat para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) stock koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini meskipun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 alias lebih), tetapi memiliki harga ekonomi yang amat bagus bila kita dpt jeli menonton peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) sanggup menemukan lbh gaji dari menekuni karier miniatur ini. Bahkan byk yang bisa menghidupi keluarganya murni semata-mata dari profesi diecast ini.

Kebetulan saya yakni salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan saya selagi menyukai mainan ini, hingga dgn terlibat beserta melakukan jual-beli, perpindahan uang di karier mainan versi mini ini tidak main-main. Di puluhan grup FB yang penulis ikuti, ataupun di Instagram, masing-masing 24 hour ada ratusan transaksi positive jual membeli ataupun lelang yg nilainya dapat fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yg menghabiskan 5000-Seribu pcs miniatur sekali memperbuat lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yg mengerjakan lelang kecil-kecilan dgn kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Maybrat

DIECAST MINIATUR MOBIL Maybrat

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalo lima ribu pcs modeling yang dilelang, aliran uang yg terjadi di sini sanggup menggapai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Belum lagi k'lo ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg transaksi jual berbelanja langsung...pasti angkanya mampu wow untuk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Maybrat
Harga
Harga juga sangat bervariasi dengan condong menjadi tinggi, bahkan amat tinggi buat item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai versi mini gantungan (sebutan bakal hotwheels serta lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi bila tipe modeling tertentu sedang naik daun bersama menjelma incaran para kolektor, harganya bisa menjadi ratusan ribu, jutaan, terlebih puluhan juta. Versi Mini yg menjadi merchandise di event tertentu juga pasti sanggup menjelma melambung harganya. Pd agenda IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Maybrat
Cerita
Byk cerita yg terjadi di dunia gemar yang satu ini. Namun bakal orang semacam saya, yg seorang kolektor, kesenangan ini, mencintai miniatur mampu berubah sangat menguntungkan. Bagi item tertentu sanggup kita hold/tahan hingga nilai naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya sanggup untuk weekend bersama keluarga, dengan kata lain jalan-jalan akhir tahun tanpa menghalangi kas pokok keluarga...he2...

Nah, sebetulnya byk kans dari hal-hal yg kita sukai alias dari sekadar demen kita buat mendatangkan uang, tinggal dengan tata cara apa kita hendak menyikapinya, kepingin memulainya, kepingin menekuninya, serupa saya & kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Maybrat

DIECAST MINIATUR MOBIL Maybrat

DIECAST MINIATUR MOBIL Maybrat

LihatTutupKomentar