DIECAST MINIATUR MOBIL Minahasa

DIECAST MINIATUR MOBIL Minahasa

DIECAST MINIATUR MOBIL Minahasa
Bro/Sis tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalau merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau beserta dengar dong merk yg pertama... sebab anak2 cowok terus-menerus merengek minta dibelikan bila ke minimarket dekat permukiman dengan kata lain supermarket-supermarket gede di kota, termuat jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast merupakan mainan alias model yang diproduksi menerapkan aneka tips die-casting, yang bermakna memakai metode pelelehan logam dgn kata lain metal utk selanjutnya dituang dengan dicetak sesuai dengan rupa yang diinginkan. Die-cast logam diciptakan dari metal (logam) serta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Minahasa
Bahan
Metal yg dipake kebanyakan adalah zamak (mazak) yang yaitu alloy (campuran) zinc (seng) dengan alluminium. Zamak juga dikenal bagaikan white logam atau pot metal. Mainan yg lazim menerapkan aturan die casting umumnya adalah mainan tipe dengan skala perumpaannya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Meskipun sebenarnya apapun bisa dirancang dgn manual ini.

Di atas ialah nama ilmiahnya, namun utk para penggemar diecast, para om serta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak terlampau perduli dengan istilahnya, karena mereka sanggup semacam keracunan / addicted kalau sudah tersandung cinta pada design tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, serta lain-lain, ...seringkali para pencinta diecast nggak concern jika miniatur incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan nilai selangit, alias tidak rasional untuk orang pada umumnya.

Model-model modeling yg sedang digandrungi, semacam datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol yakni nama bakal para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) barang koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini walaupun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 atau lebih), tetapi memiliki price ekonomi yg sangat bagus k'lo kita mampu jeli memandang peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) bisa menerima komplemen penghidupan dari menekuni usaha versi mini ini. Malahan byk yang sanggup menghidupi keluarganya murni hyn dari usaha versi mini ini.

Kebetulan saya yakni salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya sewaktu menyukai mainan ini, hingga dgn terlibat bersama menjalani jual-beli, rotasi uang di usaha mainan versi mini ini tak main-main. Di puluhan grup FB yang penulis ikuti, maupun di Instagram, setiap 24 hour ada ratusan transaksi positif jual membeli maupun lelang yang nilainya dapat fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yg menghabiskan 5000-1000 pcs versi mini sekali melaksanakan lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yang memperbuat lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Minahasa

DIECAST MINIATUR MOBIL Minahasa

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalau 5000 pcs modeling yg dilelang, pertukaran uang yang terjadi di sini dpt menggapai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Blm lagi k'lo ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yang transaksi jual belanja langsung...pasti angkanya dapat wow bakal mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Minahasa
Harga
Harga juga amat bermacam-macam dan berat berubah tinggi, lebih-lebih amat tinggi bagi item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Price modeling gantungan (sebutan bakal hotwheels & lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun bila tipe modeling tertentu sedang naik daun dengan berubah incaran para kolektor, harganya dapat berubah ratusan ribu, jutaan, sampai-sampai puluhan juta. Miniatur yg menjadi merchandise di event tertentu juga pasti dapat menjelma melambung harganya. Pada perhelatan IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Minahasa
Cerita
Byk dongeng yang terjadi di dunia suka yg satu ini. Tapi bakal orang sebagaimana saya, yang seorang kolektor, gemar ini, mencintai diecast sanggup menjelma amat menguntungkan. Bakal item tertentu mampu kita hold/tahan hingga nilai naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya sanggup utk weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir tahun nggak usah mengacaukan kas primer keluarga...he2...

Nah, sebenarnya byk peluang dari hal-hal yang kita sukai dengan kata lain dari sekadar kesenangan kita bakal mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita pengen menyikapinya, hendak memulainya, kepingin menekuninya, sebagaimana saya dengan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Minahasa

DIECAST MINIATUR MOBIL Minahasa

DIECAST MINIATUR MOBIL Minahasa

LihatTutupKomentar