DIECAST MINIATUR MOBIL Muaro Sijunjung

DIECAST MINIATUR MOBIL Muaro Sijunjung

DIECAST MINIATUR MOBIL Muaro Sijunjung
Jurangan tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau beserta denger dong merk yang pertama... karna anak2 laki-laki senantiasa merengek minta dibelikan jika ke minimarket dekat permukiman dengan kata lain supermarket-supermarket besar di kota, terlingkungi jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yakni mainan atau tipe yang diproduksi memakekan program die-casting, yg bermakna lewat proses pelelehan metal alias logam bakal kemudian dituang & dicetak pantas dengan bentuk yang diinginkan. Die-cast metal diproses dari metal (logam) serta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Muaro Sijunjung
Bahan
Logam yg digunakan umumnya yakni zamak (mazak) yang yakni alloy (campuran) zinc (seng) & alluminium. Zamak juga dikenal bagaikan white metal alias pot metal. Mainan yg lazim memakaikan proses die casting lazimnya adalah mainan tipe dengan ukuran umpamanya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sekalipun sebetulnya apapun sanggup diciptakan dengan tutorial ini.

Di atas yakni sebutan ilmiahnya, tetapi bakal para penggemar diecast, para om beserta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak kelewat perduli dengan istilahnya, krn mereka sanggup seperti keracunan / addicted bila udah terjerembab cinta pada desain tertentu. Semacam para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dan lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini enggak care bila versi mini incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dgn price selangit, alias nggak rasional bakal orang pd umumnya.

Model-model modeling yg sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol merupakan istilah buat para kolektor yang juga siap di dol (jawa=jual) barang koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sekalipun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 atau lebih), tetapi memiliki harga ekonomi yg amat bagus jika kita dapat jeli memandang peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) mampu menerima lebih nafkah dari menekuni profesi miniatur ini. Terlebih banyak yg dapat menghidupi keluarganya murni cuma dari profesi versi mini ini.

Kebetulan saya merupakan salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan saya sewaktu hobi mainan ini, hingga dgn terlibat & mengerjakan jual-beli, perputaran uang di pekerjaan mainan miniatur ini tidak main-main. Di puluhan grup facebok yang penulis ikuti, maupun di Instagram, setiap 24 hour ada ratusan transaksi positive jual berbelanja ataupun lelang yg nilainya sanggup fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yg menghabiskan 5000-Seribu pcs miniatur sekali mengerjakan lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yg menjalankan lelang kecil-kecilan alias sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Muaro Sijunjung

DIECAST MINIATUR MOBIL Muaro Sijunjung

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, jika 5000 pcs versi mini yg dilelang, perpindahan uang yang terjadi di sini dapat menggapai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Blm lagi k'lo ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yg transaksi jual pesan langsung...pasti angkanya dapat wow bagi mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Muaro Sijunjung
Harga
Value juga amat berupa-rupa beserta miring menjadi tinggi, lebih-lebih amat tinggi bagi item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Harga versi mini gantungan (sebutan utk hotwheels bersama lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun jika jenis miniatur tertentu sedang naik daun bersama menjelma incaran para kolektor, harganya mampu berubah ratusan ribu, jutaan, malahan puluhan juta. Versi Mini yang menjadi merchandise di event tertentu juga pasti dpt menjelma melambung harganya. Pada agenda IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Muaro Sijunjung
Cerita
Banyak dongeng yg terjadi di dunia senang yang 1 ini. Tetapi bakal orang sebagaimana saya, yang seorang kolektor, demen ini, mencintai diecast dpt menjadi sangat menguntungkan. Bagi item tertentu mampu kita hold/tahan sampai harga naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya mampu buat weekend bersama keluarga, dengan kata lain jalan-jalan akhir tahun nggak usah mengaduhkan kas primer keluarga...he2...

Nah, sebetulnya banyak potensi dari hal-hal yang kita sukai dgn kata lain dari hanya hobi kita bakal mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita kepingin menyikapinya, ingin memulainya, kepingin menekuninya, sebagaimana saya bersama kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Muaro Sijunjung

DIECAST MINIATUR MOBIL Muaro Sijunjung

DIECAST MINIATUR MOBIL Muaro Sijunjung

LihatTutupKomentar