DIECAST MINIATUR MOBIL Musi Banyuasin

DIECAST MINIATUR MOBIL Musi Banyuasin

DIECAST MINIATUR MOBIL Musi Banyuasin
Kamu tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Bila merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau dengan mendegar dong merk yang pertama... sebab anak2 laki-laki terus-menerus merengek minta dibelikan kalau ke minimarket dekat permukiman alias supermarket-supermarket besar di kota, termuat jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast ialah mainan dgn kata lain rupa yang diproduksi memakaikan langkah die-casting, yang berarti melalui proses pelelehan logam atau metal bakal lantas dituang dengan dicetak bertimbal dengan jenis yg diinginkan. Die-cast metal diproses dari metal (logam) dan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Musi Banyuasin
Bahan
Metal yg dipegunakan biasanya adalah zamak (mazak) yg merupakan alloy (campuran) zinc (seng) & alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white metal dengan kata lain pot metal. Mainan yg regular memakaikan panduan die casting umumnya ialah mainan desain dengan skala umpamanya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sungguhpun sedianya apapun sanggup dirancang dengan aturan ini.

Di atas yakni istilah ilmiahnya, tapi bakal para penggemar diecast, para om & tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak kelewat perduli dengan istilahnya, karena mereka dpt sebagaimana keracunan / addicted bila sudah tersandung cinta pd desain tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, bersama lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini enggak care k'lo modeling incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan harga selangit, dgn kata lain tidak rasional utk orang pada umumnya.

Model-model modeling yg sedang digandrungi, sebagaimana datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni maupun para kolekdol. Kolekdol merupakan nama buat para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) stock koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini meskipun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 atau lebih), namun mempunyai value ekonomi yang sangat bagus jika kita sanggup jeli memandang peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) sanggup menemukan lebih mata pencaharian dari menekuni profesi miniatur ini. Sampai-Sampai byk yg bisa menghidupi keluarganya murni hanya dari pencaharian diecast ini.

Kebetulan saya ialah salah satu kolektor, sepanjang pengamatan penulis selagi mengandrungi mainan ini, hingga dgn terlibat dengan melaksanakan jual-beli, aliran uang di profesi mainan modeling ini tidak main-main. Di puluhan grup FB yg penulis ikuti, ataupun di Instagram, setiap 24 hour ada ratusan transaksi positive jual membeli maupun lelang yang nilainya bisa fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yg menghabiskan 5000-1000 pcs versi mini sekali menjalani lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yang menjalani lelang kecil-kecilan alias sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Musi Banyuasin

DIECAST MINIATUR MOBIL Musi Banyuasin

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, jika 5000 pcs modeling yang dilelang, perpindahan uang yang terjadi di sini sanggup sampai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Blm lagi bila ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg jual/beli jual membeli langsung...pasti angkanya mampu wow bagi mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Musi Banyuasin
Harga
Value juga amat beragam serta condong menjelma tinggi, bahkan amat tinggi buat item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai miniatur gantungan (sebutan buat hotwheels & lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi k'lo design diecast tertentu sedang naik daun dan menjadi incaran para kolektor, harganya bisa berubah ratusan ribu, jutaan, lebih-lebih puluhan juta. Diecast yg menjadi merchandise di event tertentu juga pasti dpt berubah melambung harganya. Pada acara IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Musi Banyuasin
Cerita
Banyak cerita yang terjadi di dunia kesenangan yg 1 ini. Namun untuk orang sebagaimana saya, yang seorang kolektor, minat ini, mencintai versi mini mampu berubah amat menguntungkan. Bakal item tertentu dapat kita hold/tahan sampai value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya bisa utk weekend bersama keluarga, alias jalan-jalan akhir thn tidak perlu mengaduhkan kas utama keluarga...he2...

Nah, sebenarnya byk peluang dari hal-hal yang kita sukai dengan kata lain dari hyn gemar kita untuk mendatangkan uang, tinggal gimana kita pengen menyikapinya, pengen memulainya, hendak menekuninya, serupa saya beserta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Musi Banyuasin

DIECAST MINIATUR MOBIL Musi Banyuasin

DIECAST MINIATUR MOBIL Musi Banyuasin

LihatTutupKomentar