DIECAST MINIATUR MOBIL Namlea

DIECAST MINIATUR MOBIL Namlea

DIECAST MINIATUR MOBIL Namlea
Jurangan tahu diecast?

Mobil-mobilan?

K'Lo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau bersama denger dong merk yang pertama... krn anak2 pria selalu merengek minta dibelikan kalo ke minimarket dekat permukiman atau supermarket-supermarket besar di kota, tercatat jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast merupakan mainan alias rupa yg diproduksi menggunakan teknik die-casting, yang berarti lewat cara pelelehan metal atau logam bagi lalu dituang & dicetak sesuai dgn jenis yang diinginkan. Die-cast logam diproses dari metal (logam) dengan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Namlea
Bahan
Metal yg dipake biasanya merupakan zamak (mazak) yang ialah alloy (campuran) zinc (seng) serta alluminium. Zamak juga dikenal sbg white metal dengan kata lain pot metal. Mainan yang biasa memakaikan panduan die casting lazimnya merupakan mainan desain dgn ukuran ibaratnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Meskipun sebetulnya apapun dapat diurus dgn panduan ini.

Di atas yakni nama ilmiahnya, tapi untuk para penggemar diecast, para om dan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak banget perduli dengan istilahnya, krn mereka sanggup serupa keracunan / addicted kalau udah terjerembab cinta pd design tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dengan lain-lain, ...seringkali para pencinta modeling tidak concern jika diecast incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dgn harga selangit, dengan kata lain tak rasional utk orang pd umumnya.

Model-model versi mini yang sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol yakni nama untuk para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) persediaan koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini walaupun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 alias lebih), namun mendapatkan value ekonomi yg sangat bagus kalau kita mampu jeli memandang peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) sanggup menerima komplemen gaji dari menekuni pencaharian versi mini ini. Malahan banyak yang bisa menghidupi keluarganya murni semata-mata dari karier diecast ini.

Kebetulan penulis yaitu salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya selama menyukai mainan ini, hingga dengan terlibat beserta menjalani jual-beli, pergantian uang di profesi mainan modeling ini nggak main-main. Di puluhan grup facebok yang penulis ikuti, maupun di Instagram, masing-masing hari ada ratusan transaksi baik jual beli maupun lelang yg nilainya bisa fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yg menghabiskan 5000-Seribu pcs miniatur sekali mengerjakan lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yg memperbuat lelang kecil-kecilan dgn kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Namlea

DIECAST MINIATUR MOBIL Namlea

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, bila lima ribu pcs miniatur yg dilelang, peredaran uang yg terjadi di sini dapat menggapai 100 juta hingga 300an juta rupiah. Belum lagi jika ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg jual/beli jual berbelanja langsung...pasti angkanya bisa wow utk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Namlea
Harga
Value juga amat beragam bersama berat berubah tinggi, bahkan sangat tinggi untuk item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Harga modeling gantungan (sebutan buat hotwheels serta lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun jika model versi mini tertentu sedang naik daun & menjadi incaran para kolektor, harganya dpt berubah ratusan ribu, jutaan, bahkan puluhan juta. Diecast yang berubah merchandise di event tertentu juga pasti dpt menjadi melambung harganya. Pd acara IDE (Indonesia Miniatur Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Namlea
Cerita
Banyak dongeng yg terjadi di dunia demen yang satu ini. Tetapi bagi orang serupa saya, yg seorang kolektor, kegemaran ini, mencintai miniatur dapat berubah amat menguntungkan. Bakal item tertentu mampu kita hold/tahan hingga price naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya sanggup buat weekend bersama keluarga, dgn kata lain jalan-jalan akhir thn nggak usah merongrong kas esensial keluarga...he2...

Nah, sebenarnya banyak peluang dari hal-hal yang kita sukai dgn kata lain dari cuma demen kita bagi mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita hendak menyikapinya, kepingin memulainya, ingin menekuninya, seperti saya bersama kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Namlea

DIECAST MINIATUR MOBIL Namlea

DIECAST MINIATUR MOBIL Namlea

LihatTutupKomentar