DIECAST MINIATUR MOBIL Ngada

DIECAST MINIATUR MOBIL Ngada

DIECAST MINIATUR MOBIL Ngada
Bapak/Ibu tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalau merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau beserta denger dong merk yg pertama... sebab anak2 cowo selamanya merengek minta dibelikan kalau ke minimarket dekat rumah alias supermarket-supermarket besar di kota, terhitung jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yaitu mainan alias jenis yg diproduksi memakekan cara die-casting, yang berarti melalui sistem pelelehan logam atau logam buat lalu dituang & dicetak sesuai dengan bentuk yg diinginkan. Die-cast logam diurus dari logam (logam) dengan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Ngada
Bahan
Metal yg diperlukan biasanya merupakan zamak (mazak) yg yaitu alloy (campuran) zinc (seng) & alluminium. Zamak juga dikenal selaku white metal dengan kata lain pot metal. Mainan yg lumrah menggunakan teknik die casting kebanyakan adalah mainan design dengan size ibaratnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Kendatipun sedianya apapun sanggup diproduksi dengan sistem ini.

Di atas adalah nama ilmiahnya, tetapi bakal para penggemar diecast, para om serta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak terlalu perduli dengan istilahnya, sebab mereka bisa sebagaimana keracunan / addicted kalo sudah tersandung cinta pd desain tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, & lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini tidak peduli bila versi mini incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dgn price selangit, dgn kata lain tak rasional untuk orang pd umumnya.

Model-model versi mini yg sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol adalah terma bakal para kolektor yg juga siap di dol (jawa=jual) stock koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini kendatipun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 atau lebih), namun mempunyai value ekonomi yg amat bagus bila kita mampu jeli melihat peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) sanggup menemukan tambahan income dari menekuni usaha diecast ini. Malahan banyak yang dpt menghidupi keluarganya murni cukup dari pekerjaan miniatur ini.

Kebetulan saya yakni salah satu kolektor, sepanjang pengamatan penulis semasa mengandrungi mainan ini, sampai dengan terlibat beserta menjalankan jual-beli, peredaran uang di karier mainan modeling ini nggak main-main. Di puluhan grup FB yang saya ikuti, maupun di Instagram, setiap hari ada ratusan jual/beli positif jual beli maupun lelang yg nilainya sanggup fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yg menghabiskan 5000-Seribu pcs miniatur sekali menjalankan lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yang mengerjakan lelang kecil-kecilan dgn kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Ngada

DIECAST MINIATUR MOBIL Ngada

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalau lima ribu pcs modeling yang dilelang, peredaran uang yg terjadi di sini dpt menggapai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Belum lagi jika ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg transaksi jual belanja langsung...pasti angkanya bisa wow utk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Ngada
Harga
Price juga amat bervariasi & berat menjadi tinggi, malahan amat tinggi bagi item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai modeling gantungan (sebutan buat hotwheels bersama lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi kalau desain diecast tertentu sedang naik daun & menjadi incaran para kolektor, harganya bisa menjelma ratusan ribu, jutaan, malahan puluhan juta. Modeling yg menjadi merchandise di event tertentu juga pasti dpt menjelma melambung harganya. Pd agenda IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Ngada
Cerita
Byk dongeng yang terjadi di dunia doyan yang satu ini. Tetapi buat orang semacam saya, yg seorang kolektor, doyan ini, mencintai versi mini mampu berubah sangat menguntungkan. Buat item tertentu dapat kita hold/tahan hingga price naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya bisa bakal weekend bersama keluarga, alias jalan-jalan akhir thn tanpa menyusahkan kas utama keluarga...he2...

Nah, sedianya byk potensi dari hal-hal yang kita sukai atau dari hyn hobi kita untuk mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita hendak menyikapinya, pengen memulainya, hendak menekuninya, seperti penulis & kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Ngada

DIECAST MINIATUR MOBIL Ngada

DIECAST MINIATUR MOBIL Ngada

LihatTutupKomentar