DIECAST MINIATUR MOBIL Ngasem

DIECAST MINIATUR MOBIL Ngasem

DIECAST MINIATUR MOBIL Ngasem
Agan tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalau merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau serta dengar dong merk yg pertama... karena anak2 pria selamanya merengek minta dibelikan k'lo ke minimarket dekat properti dgn kata lain supermarket-supermarket gede di kota, terlingkungi jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yaitu mainan alias rupa yang diproduksi memakekan program die-casting, yg berarti menggunakan teknik pelelehan logam dengan kata lain metal buat lantas dituang dengan dicetak sesuai dgn jenis yang diinginkan. Die-cast metal diproses dari logam (logam) serta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Ngasem
Bahan
Metal yang dipake rata-rata adalah zamak (mazak) yang adalah alloy (campuran) zinc (seng) & alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white metal alias pot metal. Mainan yang umum menerapkan bimbingan die casting lazimnya ialah mainan design dgn size contohnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sungguhpun sedianya apapun dapat dikerjakan dgn tata cara ini.

Di atas yaitu nama ilmiahnya, tetapi bagi para penggemar diecast, para om & tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak terlalu perduli dgn istilahnya, krn mereka bisa semacam keracunan / addicted jika udah jatuh cinta pada tipe tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dan lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini tak care kalo modeling incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan nilai selangit, alias enggak rasional buat orang pd umumnya.

Model-model miniatur yang sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol yaitu istilah buat para kolektor yang juga siap di dol (jawa=jual) stok koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini kendatipun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 alias lebih), tetapi mempunyai harga ekonomi yang sangat bagus jika kita bisa jeli menengok peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) sanggup memperoleh ekstra pendapatan dari menekuni profesi modeling ini. Bahkan banyak yg bisa menghidupi keluarganya murni cuma dari usaha versi mini ini.

Kebetulan saya yakni salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya selama hobi mainan ini, sampai dengan terlibat dengan menjalani jual-beli, pertukaran uang di bisnis mainan diecast ini tidak main-main. Di puluhan grup FB yg penulis ikuti, maupun di Instagram, masing-masing day ada ratusan transaksi positive jual pesan ataupun lelang yang nilainya dpt fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs versi mini sekali melakukan lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yg memperbuat lelang kecil-kecilan alias sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Ngasem

DIECAST MINIATUR MOBIL Ngasem

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, bila 5000 pcs miniatur yg dilelang, sirkulasi uang yg terjadi di sini mampu sampai 100 juta hingga 300an juta rupiah. Belum lagi kalau ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg transaksi jual beli langsung...pasti angkanya dapat wow buat mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Ngasem
Harga
Value juga amat beragam serta menjurus menjadi tinggi, malahan amat tinggi untuk item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Value diecast gantungan (sebutan buat hotwheels serta lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi kalau rupa versi mini tertentu sedang naik daun dan menjelma incaran para kolektor, harganya mampu berubah ratusan ribu, jutaan, bahkan puluhan juta. Versi Mini yang berubah merchandise di event tertentu juga pasti bisa menjelma melambung harganya. Pada kegiatan IDE (Indonesia Miniatur Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Ngasem
Cerita
Banyak cerita yang terjadi di dunia kesenangan yang 1 ini. Tapi untuk orang sebagaimana saya, yang seorang kolektor, hobi ini, mencintai versi mini mampu berubah sangat menguntungkan. Utk item tertentu dapat kita hold/tahan sampai nilai naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya sanggup bagi weekend bersama keluarga, alias jalan-jalan akhir tahun tanpa memprovokasi kas pokok keluarga...he2...

Nah, sebenarnya byk prospek dari hal-hal yang kita sukai dengan kata lain dari hyn kesukaan kita buat mendatangkan uang, tinggal dengan cara apa kita ingin menyikapinya, hendak memulainya, kepingin menekuninya, serupa penulis dan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Ngasem

DIECAST MINIATUR MOBIL Ngasem

DIECAST MINIATUR MOBIL Ngasem

LihatTutupKomentar