DIECAST MINIATUR MOBIL Ogan Ilir

DIECAST MINIATUR MOBIL Ogan Ilir

DIECAST MINIATUR MOBIL Ogan Ilir
Agan tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Jika merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau & denger dong merk yg pertama... krn anak2 laki-laki terus-menerus merengek minta dibelikan jika ke minimarket dekat bangunan dgn kata lain supermarket-supermarket besar di kota, termasuk jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast merupakan mainan dengan kata lain jenis yg diproduksi memakaikan tips die-casting, yang bermakna melalui metode pelelehan metal atau metal utk sesudahnya dituang bersama dicetak setakar dengan bentuk yg diinginkan. Die-cast metal diurus dari logam (logam) bersama plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Ogan Ilir
Bahan
Logam yang dipake kebanyakan ialah zamak (mazak) yg yaitu alloy (campuran) zinc (seng) serta alluminium. Zamak juga dikenal sbg white metal dgn kata lain pot metal. Mainan yg biasa memakekan aturan die casting lazimnya yakni mainan jenis dgn skala umpamanya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Kendatipun sebetulnya apapun dapat diproses dengan aturan ini.

Di atas adalah istilah ilmiahnya, tapi untuk para penggemar diecast, para om beserta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak berlebihan perduli dengan istilahnya, karena mereka bisa seperti keracunan / addicted k'lo sudah tersandung cinta pada rupa tertentu. Semacam para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, & lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini tak peduli kalo versi mini incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dgn nilai selangit, dgn kata lain enggak rasional bagi orang pada umumnya.

Model-model miniatur yg sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol merupakan terma bagi para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) barang koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini walaupun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 dengan kata lain lebih), tapi memiliki price ekonomi yang amat bagus jika kita dapat jeli menonton peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) bisa memperoleh extra penghasilan dari menekuni profesi modeling ini. Lebih-Lebih banyak yang sanggup menghidupi keluarganya murni sekadar dari penghidupan modeling ini.

Kebetulan penulis merupakan salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan saya selagi mengandrungi mainan ini, hingga dengan terlibat dan memperbuat jual-beli, liquiditas uang di profesi mainan modeling ini tak main-main. Di puluhan grup FB yg penulis ikuti, ataupun di Instagram, setiap 24 hour ada ratusan transaksi bagus jual belanja maupun lelang yg nilainya dpt fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yang menghabiskan 5000-1000 pcs diecast sekali menjalankan lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yg mengerjakan lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Ogan Ilir

DIECAST MINIATUR MOBIL Ogan Ilir

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, jika lima ribu pcs versi mini yang dilelang, perputaran uang yg terjadi di sini bisa mencapai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Belom lagi jika ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yang jual/beli jual pesan langsung...pasti angkanya dapat wow bagi mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Ogan Ilir
Harga
Value juga amat beragam dengan mengarah menjadi tinggi, malahan amat tinggi untuk item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai diecast gantungan (sebutan untuk hotwheels serta lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi kalau rupa versi mini tertentu sedang naik daun dan menjadi incaran para kolektor, harganya dpt berubah ratusan ribu, jutaan, lebih-lebih puluhan juta. Versi Mini yg menjadi merchandise di event tertentu juga pasti sanggup menjelma melambung harganya. Pada agenda IDE (Indonesia Miniatur Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise miniatur morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Ogan Ilir
Cerita
Byk cerita yg terjadi di dunia gemar yang satu ini. Namun buat orang sebagaimana saya, yang seorang kolektor, gemar ini, mencintai diecast sanggup berubah amat menguntungkan. Bagi item tertentu dapat kita hold/tahan hingga harga naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya sanggup bakal weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir tahun tanpa menghalangi kas primer keluarga...he2...

Nah, sedianya banyak potensi dari hal-hal yang kita sukai dgn kata lain dari cuman minat kita buat mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita ingin menyikapinya, kepingin memulainya, mau menekuninya, semacam penulis bersama kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Ogan Ilir

DIECAST MINIATUR MOBIL Ogan Ilir

DIECAST MINIATUR MOBIL Ogan Ilir

LihatTutupKomentar