DIECAST MINIATUR MOBIL Ondong Siau

DIECAST MINIATUR MOBIL Ondong Siau

DIECAST MINIATUR MOBIL Ondong Siau
Kamu tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalau merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau dan denger dong merk yg pertama... karna anak2 laki-laki selalu merengek minta dibelikan bila ke minimarket dekat tempat tinggal dgn kata lain supermarket-supermarket gede di kota, terhitung jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast ialah mainan dgn kata lain rupa yg diproduksi memakaikan cara die-casting, yang bermakna memakai cara pelelehan metal dgn kata lain logam untuk selanjutnya dituang & dicetak setakar dengan jenis yg diinginkan. Die-cast logam diciptakan dari metal (logam) bersama plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Ondong Siau
Bahan
Metal yang dipegunakan rata-rata ialah zamak (mazak) yang ialah alloy (campuran) zinc (seng) & alluminium. Zamak juga dikenal bagaikan white logam dgn kata lain pot metal. Mainan yang normal memakekan tutorial die casting lazimnya merupakan mainan tipe dgn ukuran ibaratnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sungguhpun sesungguhnya apapun dapat diproduksi dgn teknik ini.

Di atas yaitu istilah ilmiahnya, tapi bagi para penggemar diecast, para om serta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak sangat perduli dengan istilahnya, sebab mereka bisa semacam keracunan / addicted bila sudah jatuh cinta pada model tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, bersama lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur enggak peduli kalo versi mini incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dgn price selangit, dgn kata lain tak rasional bakal orang pada umumnya.

Model-model miniatur yang sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma amat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol yaitu istilah bakal para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) stok koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini biarpun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 atau lebih), namun mendapatkan price ekonomi yg sangat bagus bila kita dpt jeli memandang peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) mampu memperoleh komplemen salary dari menekuni usaha diecast ini. Sampai-Sampai byk yang dapat menghidupi keluarganya murni cukup dari penghidupan modeling ini.

Kebetulan saya merupakan salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan saya selama mengandrungi mainan ini, sampai dgn terlibat serta memperbuat jual-beli, aliran uang di pekerjaan mainan diecast ini nggak main-main. Di puluhan grup FB yg penulis ikuti, ataupun di Instagram, setiap hari ada ratusan transaksi baik jual berbelanja maupun lelang yg nilainya dpt fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yg menghabiskan 5000-1000 pcs modeling sekali menjalani lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yg melaksanakan lelang kecil-kecilan alias sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Ondong Siau

DIECAST MINIATUR MOBIL Ondong Siau

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, bila lima ribu pcs diecast yang dilelang, perpindahan uang yang terjadi di sini bisa mencapai 100 juta hingga 300an juta rupiah. Belum lagi kalo ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yang transaksi jual berbelanja langsung...pasti angkanya dpt wow utk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Ondong Siau
Harga
Harga juga sangat berupa-rupa & mengarah menjadi tinggi, sampai-sampai sangat tinggi bagi item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Value diecast gantungan (sebutan bagi hotwheels & lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi kalau desain diecast tertentu sedang naik daun dan berubah incaran para kolektor, harganya dapat berubah ratusan ribu, jutaan, terlebih puluhan juta. Miniatur yg menjadi merchandise di event tertentu juga pasti dpt menjadi melambung harganya. Pada kegiatan IDE (Indonesia Diecast Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise miniatur morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Ondong Siau
Cerita
Byk dongeng yang terjadi di dunia kesenangan yang 1 ini. Namun utk orang seperti saya, yg seorang kolektor, kegemaran ini, mencintai versi mini dpt menjadi amat menguntungkan. Bakal item tertentu sanggup kita hold/tahan hingga value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya mampu bakal weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir tahun tanpa pakai mengacaukan kas primer keluarga...he2...

Nah, sebenarnya byk peluang dari hal-hal yang kita sukai atau dari cuman hobi kita bakal mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita kepingin menyikapinya, pengen memulainya, hendak menekuninya, serupa penulis dan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Ondong Siau

DIECAST MINIATUR MOBIL Ondong Siau

DIECAST MINIATUR MOBIL Ondong Siau

LihatTutupKomentar