DIECAST MINIATUR MOBIL Ondong Siau

DIECAST MINIATUR MOBIL Ondong Siau

DIECAST MINIATUR MOBIL Ondong Siau
Bro/Sis tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalau merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau & denger dong merk yang pertama... karna anak2 cowo selamanya merengek minta dibelikan kalau ke minimarket dekat tempat tinggal alias supermarket-supermarket gede di kota, tersisip jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yaitu mainan atau jenis yang diproduksi memakaikan sistem die-casting, yg bermakna memakai cara pelelehan metal atau logam untuk lalu dituang dan dicetak bertimbal dengan tampilan yg diinginkan. Die-cast metal diurus dari logam (logam) dengan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Ondong Siau
Bahan
Logam yang dipegunakan rata-rata ialah zamak (mazak) yg yakni alloy (campuran) zinc (seng) dan alluminium. Zamak juga dikenal sbg white metal dengan kata lain pot metal. Mainan yg lazim memakaikan cara die casting kebanyakan adalah mainan design dgn ukuran umpamanya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sekalipun sebetulnya apapun dapat dibuat dgn petunjuk ini.

Di atas ialah nama ilmiahnya, tapi bagi para penggemar diecast, para om beserta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak banget perduli dengan istilahnya, krn mereka dpt semacam keracunan / addicted k'lo sudah jatuh cinta pd jenis tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, bersama lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini enggak concern kalo diecast incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan nilai selangit, alias tak rasional untuk orang pd umumnya.

Model-model modeling yang sedang digandrungi, sebagaimana datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah amat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol merupakan sebutan utk para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) stock koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sungguhpun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 alias lebih), namun memperoleh value ekonomi yg sangat bagus kalo kita bisa jeli memandang peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) mampu menemukan tambahan honor dari menekuni bisnis versi mini ini. Lebih-Lebih banyak yg mampu menghidupi keluarganya murni sekadar dari pekerjaan modeling ini.

Kebetulan saya yakni salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan saya semasa menggemari mainan ini, sampai dgn terlibat bersama melaksanakan jual-beli, pertukaran uang di bisnis mainan versi mini ini enggak main-main. Di puluhan grup FB yg penulis ikuti, ataupun di Instagram, setiap day ada ratusan jual/beli positive jual pesan maupun lelang yang nilainya mampu fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yang menghabiskan 5000-1000 pcs versi mini sekali memperbuat lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yg melakukan lelang kecil-kecilan dgn kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Ondong Siau

DIECAST MINIATUR MOBIL Ondong Siau

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalo lima ribu pcs versi mini yg dilelang, peredaran uang yg terjadi di sini dapat menggapai 100 juta sampai 300an juta rupiah. Belom lagi kalau ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg jual/beli jual berbelanja langsung...pasti angkanya sanggup wow utk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Ondong Siau
Harga
Nilai juga sangat beragam dengan cenderung menjadi tinggi, malahan amat tinggi untuk item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Value miniatur gantungan (sebutan buat hotwheels serta lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun kalau rupa diecast tertentu sedang naik daun bersama berubah incaran para kolektor, harganya mampu menjelma ratusan ribu, jutaan, bahkan puluhan juta. Modeling yg menjadi merchandise di event tertentu juga pasti sanggup berubah melambung harganya. Pada kegiatan IDE (Indonesia Diecast Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise miniatur morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Ondong Siau
Cerita
Banyak cerita yang terjadi di dunia suka yang satu ini. Tapi bagi orang semacam saya, yg seorang kolektor, hobi ini, mencintai modeling dapat berubah sangat menguntungkan. Bakal item tertentu bisa kita hold/tahan hingga harga naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya bisa untuk weekend bersama keluarga, dgn kata lain jalan-jalan akhir thn nggak pake menggerecoki kas utama keluarga...he2...

Nah, sebenarnya byk potensi dari hal-hal yang kita sukai dengan kata lain dari hyn hobi kita bakal mendatangkan uang, tinggal gimana kita ingin menyikapinya, hendak memulainya, mau menekuninya, seperti penulis & kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Ondong Siau

DIECAST MINIATUR MOBIL Ondong Siau

DIECAST MINIATUR MOBIL Ondong Siau

LihatTutupKomentar