DIECAST MINIATUR MOBIL Pangkalan Bun

DIECAST MINIATUR MOBIL Pangkalan Bun

DIECAST MINIATUR MOBIL Pangkalan Bun
Bro/Sis tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau dan dengar dong merk yg pertama... krn anak2 cowok senantiasa merengek minta dibelikan bila ke minimarket dekat permukiman dgn kata lain supermarket-supermarket besar di kota, terlingkungi jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yaitu mainan dgn kata lain rupa yg diproduksi menggunakan prosedur die-casting, yg bermakna lewat teknik pelelehan logam atau logam buat kemudian dituang dengan dicetak sesuai dengan bentuk yg diinginkan. Die-cast metal diurus dari metal (logam) & plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Pangkalan Bun
Bahan
Logam yang dipake biasanya adalah zamak (mazak) yg yaitu alloy (campuran) zinc (seng) bersama alluminium. Zamak juga dikenal bagaikan white logam alias pot metal. Mainan yang regular menerapkan strategi die casting lazimnya merupakan mainan jenis dgn skala misalnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sekalipun sedianya apapun dpt dirancang dgn strategi ini.

Di atas yakni nama ilmiahnya, tetapi untuk para penggemar diecast, para om dan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak terlampau perduli dgn istilahnya, krn mereka sanggup sebagaimana keracunan / addicted jika sudah jatuh cinta pada tipe tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dan lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur tak peduli kalau modeling incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan harga selangit, dgn kata lain tak rasional untuk orang pada umumnya.

Model-model miniatur yg sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma amat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol ialah nama bagi para kolektor yg juga siap di dol (jawa=jual) stok koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini biarpun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 dengan kata lain lebih), namun memperoleh nilai ekonomi yang amat bagus kalau kita sanggup jeli memandang peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) bisa menerima komplemen income dari menekuni profesi modeling ini. Malahan byk yang mampu menghidupi keluarganya murni cuma dari profesi diecast ini.

Kebetulan penulis yaitu salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan saya sewaktu hobi mainan ini, sampai dengan terlibat beserta melaksanakan jual-beli, perputaran uang di profesi mainan miniatur ini tidak main-main. Di puluhan grup FB yang penulis ikuti, ataupun di Instagram, setiap 24 jam ada ratusan jual/beli positive jual belanja maupun lelang yang nilainya bisa fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs versi mini sekali mengerjakan lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yang menjalankan lelang kecil-kecilan atau sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Pangkalan Bun

DIECAST MINIATUR MOBIL Pangkalan Bun

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, k'lo 5000 pcs versi mini yg dilelang, aliran uang yg terjadi di sini bisa mencapai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Blm lagi jika ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg jual/beli jual berbelanja langsung...pasti angkanya sanggup wow bagi mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Pangkalan Bun
Harga
Price juga sangat bermacam-macam serta mengarah menjelma tinggi, sampai-sampai sangat tinggi bagi item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Harga diecast gantungan (sebutan buat hotwheels beserta lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun kalau desain versi mini tertentu sedang naik daun & menjadi incaran para kolektor, harganya dapat menjelma ratusan ribu, jutaan, lebih-lebih puluhan juta. Diecast yang menjadi merchandise di event tertentu juga pasti bisa menjelma melambung harganya. Pada acara IDE (Indonesia Diecast Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise miniatur morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Pangkalan Bun
Cerita
Byk cerita yang terjadi di dunia demen yg 1 ini. Namun untuk orang semacam saya, yang seorang kolektor, kesukaan ini, mencintai versi mini dapat berubah amat menguntungkan. Untuk item tertentu mampu kita hold/tahan sampai nilai naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dapat bagi weekend bersama keluarga, dgn kata lain jalan-jalan akhir thn minus mengusik kas esensial keluarga...he2...

Nah, sesungguhnya banyak potensi dari hal-hal yg kita sukai dgn kata lain dari hanya demen kita buat mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita pengen menyikapinya, kepingin memulainya, hendak menekuninya, seperti penulis serta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Pangkalan Bun

DIECAST MINIATUR MOBIL Pangkalan Bun

DIECAST MINIATUR MOBIL Pangkalan Bun

LihatTutupKomentar