DIECAST MINIATUR MOBIL Parigi

DIECAST MINIATUR MOBIL Parigi

DIECAST MINIATUR MOBIL Parigi
Jurangan tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Jika merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti pernah tau bersama denger dong merk yg pertama... karena anak2 laki-laki selamanya merengek minta dibelikan jika ke minimarket dekat kediaman atau supermarket-supermarket gede di kota, termasuk jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yakni mainan dgn kata lain desain yang diproduksi menerapkan proses die-casting, yg berarti melalui proses pelelehan metal alias logam utk kemudian dituang beserta dicetak sebati dengan tipe yg diinginkan. Die-cast metal diproses dari logam (logam) serta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Parigi
Bahan
Metal yg dipake kebanyakan ialah zamak (mazak) yang merupakan alloy (campuran) zinc (seng) & alluminium. Zamak juga dikenal sbg white logam alias pot metal. Mainan yang standar memakaikan aneka tips die casting kebanyakan yakni mainan rupa dgn skala misalnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sungguhpun sebenarnya apapun mampu dirancang dgn langkah ini.

Di atas ialah istilah ilmiahnya, tetapi bakal para penggemar diecast, para om dan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak berlebihan perduli dgn istilahnya, krn mereka bisa sebagaimana keracunan / addicted jika sudah jatuh cinta pd model tertentu. Semacam para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, serta lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini tidak care kalo diecast incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan price selangit, dgn kata lain tak rasional bakal orang pd umumnya.

Model-model miniatur yg sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah amat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol yaitu istilah bakal para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) stock koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sungguhpun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 alias lebih), tetapi memperoleh price ekonomi yg sangat bagus bila kita mampu jeli memandang peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) sanggup memperoleh lbh nafkah dari menekuni karier versi mini ini. Sampai-Sampai banyak yang dpt menghidupi keluarganya murni semata-mata dari karier miniatur ini.

Kebetulan penulis yakni salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan penulis selagi menyukai mainan ini, hingga dgn terlibat beserta melaksanakan jual-beli, perputaran uang di pekerjaan mainan versi mini ini enggak main-main. Di puluhan grup facebok yang saya ikuti, ataupun di Instagram, masing-masing 24 hour ada ratusan jual/beli positive jual membeli ataupun lelang yg nilainya mampu fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs modeling sekali menjalani lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yang mengerjakan lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Parigi

DIECAST MINIATUR MOBIL Parigi

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, bila 5000 pcs miniatur yang dilelang, perpindahan uang yg terjadi di sini sanggup sampai 100 juta sampai 300an juta rupiah. Belum lagi bila ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yang jual/beli jual belanja langsung...pasti angkanya dapat wow utk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Parigi
Harga
Price juga sangat berupa-rupa dan mengarah berubah tinggi, lebih-lebih sangat tinggi bagi item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai modeling gantungan (sebutan untuk hotwheels beserta lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi kalau design versi mini tertentu sedang naik daun beserta menjelma incaran para kolektor, harganya bisa menjelma ratusan ribu, jutaan, sampai-sampai puluhan juta. Versi Mini yang menjadi merchandise di event tertentu juga pasti dapat menjadi melambung harganya. Pada acara IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise modeling morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Parigi
Cerita
Banyak cerita yg terjadi di dunia doyan yang satu ini. Namun bakal orang serupa saya, yang seorang kolektor, senang ini, mencintai diecast dapat menjelma amat menguntungkan. Untuk item tertentu mampu kita hold/tahan hingga value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya sanggup untuk weekend bersama keluarga, dgn kata lain jalan-jalan akhir thn nggak pake mengaduhkan kas pokok keluarga...he2...

Nah, sesungguhnya byk kans dari hal-hal yg kita sukai atau dari hyn minat kita bakal mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita mau menyikapinya, ingin memulainya, mau menekuninya, semacam saya & kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Parigi

DIECAST MINIATUR MOBIL Parigi

DIECAST MINIATUR MOBIL Parigi

LihatTutupKomentar