DIECAST MINIATUR MOBIL Pattallassang

DIECAST MINIATUR MOBIL Pattallassang

DIECAST MINIATUR MOBIL Pattallassang
Agan tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Bila merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau bersama dengar dong merk yang pertama... sebab anak2 cowo selamanya merengek minta dibelikan jika ke minimarket dekat permukiman alias supermarket-supermarket gede di kota, terlingkungi jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yaitu mainan dengan kata lain rupa yang diproduksi memakaikan metode die-casting, yg berarti melalui prosedur pelelehan metal atau metal utk setelah itu dituang & dicetak sesuai dengan tampilan yang diinginkan. Die-cast metal dikerjakan dari logam (logam) bersama plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Pattallassang
Bahan
Metal yang dipake kebanyakan adalah zamak (mazak) yg yakni alloy (campuran) zinc (seng) serta alluminium. Zamak juga dikenal selaku white logam dengan kata lain pot metal. Mainan yg umum memakaikan cara die casting kebanyakan ialah mainan desain dengan size umpamanya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Walaupun sebetulnya apapun dpt diciptakan dgn panduan ini.

Di atas yakni sebutan ilmiahnya, tetapi bakal para penggemar diecast, para om dan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak berlebihan perduli dgn istilahnya, krn mereka dpt semacam keracunan / addicted bila sudah jatuh cinta pada rupa tertentu. Semacam para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dan lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini tak peduli bila versi mini incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dgn harga selangit, alias nggak rasional bakal orang pd umumnya.

Model-model modeling yg sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol adalah istilah untuk para kolektor yang juga siap di dol (jawa=jual) produk koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini walaupun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 alias lebih), tetapi mempunyai harga ekonomi yang sangat bagus kalo kita bisa jeli menengok peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dapat mendapatkan extra gaji dari menekuni bisnis versi mini ini. Bahkan byk yang sanggup menghidupi keluarganya murni hyn dari profesi modeling ini.

Kebetulan saya merupakan salah satu kolektor, sepanjang pengamatan penulis semasa menyukai mainan ini, hingga dgn terlibat beserta memperbuat jual-beli, liquiditas uang di pencaharian mainan miniatur ini enggak main-main. Di puluhan grup FB yg penulis ikuti, ataupun di Instagram, setiap day ada ratusan jual/beli positive jual pesan maupun lelang yang nilainya dpt fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yg menghabiskan 5000-1000 pcs versi mini sekali menjalani lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yg menjalankan lelang kecil-kecilan alias sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Pattallassang

DIECAST MINIATUR MOBIL Pattallassang

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, bila 5000 pcs modeling yang dilelang, peredaran uang yang terjadi di sini dpt sampai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Blm lagi k'lo ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yg transaksi jual pesan langsung...pasti angkanya bisa wow bagi mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Pattallassang
Harga
Harga juga amat bermacam-macam dan condong berubah tinggi, bahkan sangat tinggi utk item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Value diecast gantungan (sebutan utk hotwheels bersama lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi kalau design modeling tertentu sedang naik daun dan menjadi incaran para kolektor, harganya dpt berubah ratusan ribu, jutaan, terlebih puluhan juta. Diecast yg berubah merchandise di event tertentu juga pasti mampu menjelma melambung harganya. Pada acara IDE (Indonesia Diecast Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Pattallassang
Cerita
Byk cerita yang terjadi di dunia kesukaan yg satu ini. Tapi untuk orang semacam saya, yg seorang kolektor, kesukaan ini, mencintai modeling dpt menjelma amat menguntungkan. Bagi item tertentu bisa kita hold/tahan hingga value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dapat bakal weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir tahun nggak usah merongrong kas primer keluarga...he2...

Nah, sedianya banyak kans dari hal-hal yang kita sukai dengan kata lain dari semata-mata hobi kita bagi mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita hendak menyikapinya, hendak memulainya, ingin menekuninya, semacam penulis dengan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Pattallassang

DIECAST MINIATUR MOBIL Pattallassang

DIECAST MINIATUR MOBIL Pattallassang

LihatTutupKomentar