DIECAST MINIATUR MOBIL Pekanbaru

DIECAST MINIATUR MOBIL Pekanbaru

DIECAST MINIATUR MOBIL Pekanbaru
Boss tahu diecast?

Mobil-mobilan?

K'Lo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau & dengar dong merk yg pertama... sebab anak2 cowok terus-menerus merengek minta dibelikan k'lo ke minimarket dekat permukiman atau supermarket-supermarket besar di kota, tergolong jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast adalah mainan dgn kata lain rupa yang diproduksi memakekan cara die-casting, yg bermakna menggunakan sistem pelelehan metal dgn kata lain logam utk lantas dituang serta dicetak sesuai dengan jenis yg diinginkan. Die-cast logam dikerjakan dari logam (logam) beserta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Pekanbaru
Bahan
Metal yang digunakan kebanyakan yakni zamak (mazak) yang merupakan alloy (campuran) zinc (seng) & alluminium. Zamak juga dikenal sbg white logam dgn kata lain pot metal. Mainan yang standar memakekan cara die casting biasanya ialah mainan design dengan size umpamanya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sekalipun sedianya apapun bisa diurus dengan proses ini.

Di atas yakni istilah ilmiahnya, namun bakal para penggemar diecast, para om bersama tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak banget perduli dengan istilahnya, karna mereka bisa sebagaimana keracunan / addicted kalo sudah tersandung cinta pada rupa tertentu. Serupa para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, serta lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini tidak peduli k'lo diecast incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan harga selangit, dgn kata lain tak rasional bagi orang pd umumnya.

Model-model miniatur yang sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma amat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol merupakan istilah utk para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) barang koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sungguhpun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 dengan kata lain lebih), tapi mempunyai price ekonomi yg amat bagus kalau kita dpt jeli melihat peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dapat mendapatkan ekstra mata pencaharian dari menekuni karier diecast ini. Malahan banyak yg sanggup menghidupi keluarganya murni cuma dari pekerjaan modeling ini.

Kebetulan penulis ialah salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan saya selagi mengandrungi mainan ini, sampai dgn terlibat beserta melaksanakan jual-beli, perpindahan uang di profesi mainan versi mini ini nggak main-main. Di puluhan grup facebok yang penulis ikuti, maupun di Instagram, setiap hari ada ratusan transaksi positif jual berbelanja ataupun lelang yang nilainya sanggup fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs modeling sekali mengerjakan lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yg mengerjakan lelang kecil-kecilan atau sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Pekanbaru

DIECAST MINIATUR MOBIL Pekanbaru

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalau lima ribu pcs diecast yg dilelang, pergantian uang yang terjadi di sini sanggup mencapai 100 juta sampai 300an juta rupiah. Belum lagi bila ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yang jual/beli jual beli langsung...pasti angkanya bisa wow utk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Pekanbaru
Harga
Price juga sangat berupa-rupa dengan berat menjadi tinggi, lebih-lebih sangat tinggi untuk item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Harga versi mini gantungan (sebutan untuk hotwheels & lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi k'lo jenis diecast tertentu sedang naik daun & berubah incaran para kolektor, harganya sanggup berubah ratusan ribu, jutaan, sampai-sampai puluhan juta. Versi Mini yg menjadi merchandise di event tertentu juga pasti mampu menjadi melambung harganya. Pada acara IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise miniatur morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Pekanbaru
Cerita
Byk cerita yg terjadi di dunia gemar yang satu ini. Tetapi untuk orang serupa saya, yg seorang kolektor, doyan ini, mencintai miniatur dapat berubah amat menguntungkan. Buat item tertentu mampu kita hold/tahan sampai nilai naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya mampu untuk weekend bersama keluarga, alias jalan-jalan akhir tahun nggak pake menghalangi kas pokok keluarga...he2...

Nah, sebenarnya banyak probabilitas dari hal-hal yg kita sukai alias dari hanya kesenangan kita buat mendatangkan uang, tinggal gimana kita hendak menyikapinya, ingin memulainya, pengen menekuninya, serupa penulis serta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Pekanbaru

DIECAST MINIATUR MOBIL Pekanbaru

DIECAST MINIATUR MOBIL Pekanbaru

LihatTutupKomentar