DIECAST MINIATUR MOBIL Polewali Mandar

DIECAST MINIATUR MOBIL Polewali Mandar

DIECAST MINIATUR MOBIL Polewali Mandar
Bro/Sis tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalau merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau beserta dengar dong merk yang pertama... karena anak2 pria selamanya merengek minta dibelikan kalo ke minimarket dekat rumah dengan kata lain supermarket-supermarket gede di kota, tertanam jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast ialah mainan alias model yg diproduksi menerapkan tata cara die-casting, yg berarti menggunakan cara pelelehan metal alias logam buat lalu dituang dan dicetak sebati dengan tampilan yg diinginkan. Die-cast logam dibuat dari logam (logam) & plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Polewali Mandar
Bahan
Metal yang dipakai kebanyakan ialah zamak (mazak) yang yakni alloy (campuran) zinc (seng) beserta alluminium. Zamak juga dikenal selaku white metal atau pot metal. Mainan yg regular menggunakan petunjuk die casting rata-rata yakni mainan model dengan ukuran contohnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Walaupun sebenarnya apapun mampu diciptakan dgn prosedur ini.

Di atas yaitu sebutan ilmiahnya, tapi bagi para penggemar diecast, para om dan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini nggak kelewat perduli dengan istilahnya, sebab mereka bisa sebagaimana keracunan / addicted kalau sudah terjerembab cinta pada design tertentu. Semacam para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, beserta lain-lain, ...seringkali para pencinta modeling tidak peduli kalau modeling incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dgn nilai selangit, alias tak rasional buat orang pada umumnya.

Model-model diecast yg sedang digandrungi, sebagaimana datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol yaitu terma untuk para kolektor yang juga siap di dol (jawa=jual) produk koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini meskipun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 atau lebih), namun mendapatkan harga ekonomi yang sangat bagus bila kita dapat jeli memandang peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) sanggup memperoleh lebih nafkah dari menekuni pekerjaan diecast ini. Malahan banyak yg bisa menghidupi keluarganya murni cukup dari profesi versi mini ini.

Kebetulan penulis yakni salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan penulis semasa mengandrungi mainan ini, hingga dengan terlibat dengan menjalani jual-beli, sirkulasi uang di penghidupan mainan diecast ini enggak main-main. Di puluhan grup FB yang penulis ikuti, ataupun di Instagram, setiap day ada ratusan transaksi positive jual membeli maupun lelang yang nilainya dpt fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yang menghabiskan 5000-1000 pcs versi mini sekali melakukan lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yang melaksanakan lelang kecil-kecilan alias sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Polewali Mandar

DIECAST MINIATUR MOBIL Polewali Mandar

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, bila 5000 pcs miniatur yg dilelang, aliran uang yg terjadi di sini sanggup sampai 100 juta hingga 300an juta rupiah. Blm lagi k'lo ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yang transaksi jual pesan langsung...pasti angkanya bisa wow untuk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Polewali Mandar
Harga
Price juga sangat bermacam-macam & cenderung menjadi tinggi, terlebih sangat tinggi bagi item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai versi mini gantungan (sebutan buat hotwheels serta lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun kalo tipe miniatur tertentu sedang naik daun bersama menjelma incaran para kolektor, harganya dpt berubah ratusan ribu, jutaan, malahan puluhan juta. Versi Mini yg menjelma merchandise di event tertentu juga pasti mampu menjadi melambung harganya. Pada agenda IDE (Indonesia Diecast Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise miniatur morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Polewali Mandar
Cerita
Banyak dongeng yg terjadi di dunia kesukaan yg satu ini. Tapi utk orang serupa saya, yang seorang kolektor, senang ini, mencintai diecast dpt menjelma sangat menguntungkan. Bagi item tertentu mampu kita hold/tahan hingga value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya bisa buat weekend bersama keluarga, dgn kata lain jalan-jalan akhir thn tidak perlu merintangi kas pokok keluarga...he2...

Nah, sebetulnya byk peluang dari hal-hal yang kita sukai dengan kata lain dari semata-mata hobi kita buat mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita hendak menyikapinya, kepingin memulainya, mau menekuninya, serupa penulis dan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Polewali Mandar

DIECAST MINIATUR MOBIL Polewali Mandar

DIECAST MINIATUR MOBIL Polewali Mandar

LihatTutupKomentar