DIECAST MINIATUR MOBIL Purwakarta

DIECAST MINIATUR MOBIL Purwakarta

DIECAST MINIATUR MOBIL Purwakarta
Agan tahu diecast?

Mobil-mobilan?

K'Lo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau beserta dengar dong merk yg pertama... karena anak2 pria senantiasa merengek minta dibelikan bila ke minimarket dekat tempat tinggal atau supermarket-supermarket besar di kota, tercantum jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yakni mainan atau tipe yang diproduksi memakaikan prosedur die-casting, yang berarti menggunakan sistem pelelehan metal dgn kata lain logam utk selanjutnya dituang dengan dicetak serasi dengan tampilan yang diinginkan. Die-cast logam dibuat dari metal (logam) & plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Purwakarta
Bahan
Logam yang diperlukan umumnya yaitu zamak (mazak) yang yakni alloy (campuran) zinc (seng) bersama alluminium. Zamak juga dikenal bagaikan white logam dengan kata lain pot metal. Mainan yang biasa memakekan strategi die casting kebanyakan adalah mainan desain dgn ukuran misalnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Meskipun sebenarnya apapun dapat diproses dgn tata cara ini.

Di atas yaitu terma ilmiahnya, tetapi bakal para penggemar diecast, para om serta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tak terlampau perduli dengan istilahnya, sebab mereka bisa seperti keracunan / addicted kalo udah terjerembab cinta pd rupa tertentu. Semacam para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, & lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini nggak care bila modeling incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan price selangit, dgn kata lain nggak rasional utk orang pada umumnya.

Model-model versi mini yg sedang digandrungi, sebagaimana datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol merupakan terma bakal para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) stock koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sungguhpun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 dengan kata lain lebih), tapi memperoleh value ekonomi yg amat bagus kalau kita dapat jeli melihat peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dpt memperoleh extra upah dari menekuni penghidupan miniatur ini. Sampai-Sampai byk yang bisa menghidupi keluarganya murni semata-mata dari penghidupan miniatur ini.

Kebetulan penulis adalah salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan penulis selagi menggemari mainan ini, sampai dgn terlibat bersama memperbuat jual-beli, perputaran uang di pencaharian mainan diecast ini enggak main-main. Di puluhan grup FB yg saya ikuti, ataupun di Instagram, setiap 24 hour ada ratusan transaksi positive jual membeli maupun lelang yg nilainya bisa fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yg menghabiskan 5000-1000 pcs modeling sekali menjalani lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yg memperbuat lelang kecil-kecilan dgn kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Purwakarta

DIECAST MINIATUR MOBIL Purwakarta

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, bila 5000 pcs modeling yg dilelang, sirkulasi uang yg terjadi di sini dpt sampai 100 juta sampai 300an juta rupiah. Belum lagi k'lo ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yang jual/beli jual membeli langsung...pasti angkanya dapat wow bakal mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Purwakarta
Harga
Harga juga amat berupa-rupa dan mengarah menjadi tinggi, bahkan sangat tinggi buat item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai miniatur gantungan (sebutan bakal hotwheels beserta lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun k'lo design versi mini tertentu sedang naik daun dan berubah incaran para kolektor, harganya mampu berubah ratusan ribu, jutaan, lebih-lebih puluhan juta. Versi Mini yg berubah merchandise di event tertentu juga pasti sanggup berubah melambung harganya. Pada agenda IDE (Indonesia Miniatur Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise modeling morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Purwakarta
Cerita
Banyak cerita yg terjadi di dunia doyan yg 1 ini. Namun bakal orang serupa saya, yg seorang kolektor, kegemaran ini, mencintai diecast dpt menjelma amat menguntungkan. Buat item tertentu dapat kita hold/tahan hingga price naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya sanggup untuk weekend bersama keluarga, dgn kata lain jalan-jalan akhir thn nggak pake merecoki kas primer keluarga...he2...

Nah, sebetulnya banyak kesempatan dari hal-hal yang kita sukai alias dari hanya demen kita buat mendatangkan uang, tinggal gimana kita hendak menyikapinya, kepingin memulainya, pengen menekuninya, semacam saya serta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Purwakarta

DIECAST MINIATUR MOBIL Purwakarta

DIECAST MINIATUR MOBIL Purwakarta

LihatTutupKomentar