DIECAST MINIATUR MOBIL Purwakarta

DIECAST MINIATUR MOBIL Purwakarta

DIECAST MINIATUR MOBIL Purwakarta
Pembaca tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalau merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti pernah tau dan dengar dong merk yg pertama... karena anak2 laki-laki senantiasa merengek minta dibelikan jika ke minimarket dekat properti dgn kata lain supermarket-supermarket besar di kota, tergolong jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast adalah mainan dgn kata lain design yg diproduksi memakaikan tata cara die-casting, yg berarti lewat prosedur pelelehan metal alias logam buat kemudian dituang dan dicetak pantas dgn tampilan yang diinginkan. Die-cast metal dikerjakan dari logam (logam) bersama plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Purwakarta
Bahan
Logam yang dipakai rata-rata yaitu zamak (mazak) yg merupakan alloy (campuran) zinc (seng) serta alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white logam dengan kata lain pot metal. Mainan yg regular memakaikan bimbingan die casting kebanyakan merupakan mainan tipe dengan size umpamanya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sekalipun sebetulnya apapun dpt dirancang dgn tutorial ini.

Di atas yakni istilah ilmiahnya, tapi bakal para penggemar diecast, para om dan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tak betul-betul perduli dgn istilahnya, sebab mereka mampu semacam keracunan / addicted k'lo sudah jatuh cinta pd rupa tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dengan lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini tidak peduli jika miniatur incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dgn nilai selangit, dengan kata lain enggak rasional utk orang pada umumnya.

Model-model miniatur yang sedang digandrungi, sebagaimana datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma amat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol yakni terma untuk para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) produk koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini meskipun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 dengan kata lain lebih), tetapi memiliki harga ekonomi yang amat bagus bila kita sanggup jeli melihat peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) bisa mendapatkan ekstra salary dari menekuni usaha modeling ini. Malahan byk yg mampu menghidupi keluarganya murni semata-mata dari penghidupan modeling ini.

Kebetulan saya yaitu salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan penulis selagi menggemari mainan ini, sampai dengan terlibat bersama memperbuat jual-beli, perpindahan uang di pencaharian mainan diecast ini nggak main-main. Di puluhan grup facebok yang saya ikuti, maupun di Instagram, tiap day ada ratusan jual/beli positif jual beli maupun lelang yang nilainya bisa fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yg menghabiskan 5000-1000 pcs diecast sekali melakukan lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yg menjalani lelang kecil-kecilan alias sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Purwakarta

DIECAST MINIATUR MOBIL Purwakarta

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalo 5000 pcs modeling yang dilelang, peredaran uang yang terjadi di sini dapat menggapai 100 juta sampai 300an juta rupiah. Belum lagi k'lo ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg jual/beli jual pesan langsung...pasti angkanya mampu wow buat mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Purwakarta
Harga
Nilai juga sangat bervariasi dengan menjurus menjadi tinggi, malahan amat tinggi buat item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Value diecast gantungan (sebutan utk hotwheels dengan lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi k'lo tipe miniatur tertentu sedang naik daun dengan berubah incaran para kolektor, harganya bisa berubah ratusan ribu, jutaan, bahkan puluhan juta. Versi Mini yang berubah merchandise di event tertentu juga pasti sanggup menjelma melambung harganya. Pada acara IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise modeling morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Purwakarta
Cerita
Byk cerita yg terjadi di dunia gemar yg 1 ini. Tetapi buat orang sebagaimana saya, yang seorang kolektor, minat ini, mencintai diecast dapat menjadi amat menguntungkan. Bagi item tertentu mampu kita hold/tahan hingga value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya sanggup bagi weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir tahun minus merecoki kas utama keluarga...he2...

Nah, sedianya byk kans dari hal-hal yang kita sukai atau dari cuman senang kita utk mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita hendak menyikapinya, hendak memulainya, mau menekuninya, sebagaimana saya beserta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Purwakarta

DIECAST MINIATUR MOBIL Purwakarta

DIECAST MINIATUR MOBIL Purwakarta

LihatTutupKomentar