DIECAST MINIATUR MOBIL Rantau

DIECAST MINIATUR MOBIL Rantau

DIECAST MINIATUR MOBIL Rantau
Agan tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Bila merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau beserta denger dong merk yg pertama... karena anak2 laki-laki selalu merengek minta dibelikan jika ke minimarket dekat gedung atau supermarket-supermarket gede di kota, terkandung jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yaitu mainan dengan kata lain design yg diproduksi memakaikan cara die-casting, yang bermakna melalui cara pelelehan logam alias metal bagi selanjutnya dituang dengan dicetak sebati dgn jenis yg diinginkan. Die-cast logam dibuat dari metal (logam) dan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Rantau
Bahan
Logam yg dipegunakan kebanyakan adalah zamak (mazak) yang ialah alloy (campuran) zinc (seng) serta alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white logam alias pot metal. Mainan yang standar menggunakan tips-tips die casting rata-rata yaitu mainan tipe dengan ukuran contohnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Meskipun sedianya apapun dapat dibuat dgn proses ini.

Di atas yakni nama ilmiahnya, tapi bagi para penggemar diecast, para om serta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tak betul-betul perduli dengan istilahnya, karna mereka dapat sebagaimana keracunan / addicted bila udah jatuh cinta pd desain tertentu. Semacam para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, bersama lain-lain, ...seringkali para pencinta modeling tidak concern kalo modeling incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dgn harga selangit, dengan kata lain enggak rasional utk orang pada umumnya.

Model-model miniatur yang sedang digandrungi, semacam datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol yaitu terma utk para kolektor yg juga siap di dol (jawa=jual) barang koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini walaupun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 atau lebih), tetapi memperoleh price ekonomi yg amat bagus kalo kita dapat jeli menonton peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) bisa menerima ekstra gaji dari menekuni pekerjaan diecast ini. Malahan byk yg sanggup menghidupi keluarganya murni cuma dari pencaharian modeling ini.

Kebetulan penulis merupakan salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya semasa menggemari mainan ini, sampai dengan terlibat dan menjalani jual-beli, rotasi uang di pekerjaan mainan versi mini ini nggak main-main. Di puluhan grup FB yang saya ikuti, maupun di Instagram, setiap day ada ratusan transaksi baik jual belanja ataupun lelang yang nilainya dpt fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs diecast sekali menjalankan lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yang menjalankan lelang kecil-kecilan alias sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Rantau

DIECAST MINIATUR MOBIL Rantau

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalau lima ribu pcs modeling yang dilelang, perpindahan uang yang terjadi di sini dapat menggapai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Belum lagi bila ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yg jual/beli jual beli langsung...pasti angkanya dapat wow bakal mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Rantau
Harga
Nilai juga sangat berupa-rupa dan miring menjadi tinggi, bahkan amat tinggi untuk item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Value diecast gantungan (sebutan bagi hotwheels dengan lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun jika model modeling tertentu sedang naik daun dengan menjelma incaran para kolektor, harganya mampu berubah ratusan ribu, jutaan, malahan puluhan juta. Diecast yg berubah merchandise di event tertentu juga pasti sanggup menjelma melambung harganya. Pd kegiatan IDE (Indonesia Diecast Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise modeling morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Rantau
Cerita
Banyak cerita yang terjadi di dunia demen yang satu ini. Tetapi untuk orang sebagaimana saya, yg seorang kolektor, hobi ini, mencintai modeling bisa menjadi amat menguntungkan. Bagi item tertentu bisa kita hold/tahan sampai value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dapat bakal weekend bersama keluarga, alias jalan-jalan akhir thn tidak perlu menggerecoki kas utama keluarga...he2...

Nah, sebetulnya byk peluang dari hal-hal yang kita sukai atau dari hanya minat kita buat mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita ingin menyikapinya, mau memulainya, kepingin menekuninya, seperti penulis dan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Rantau

DIECAST MINIATUR MOBIL Rantau

DIECAST MINIATUR MOBIL Rantau

LihatTutupKomentar