DIECAST MINIATUR MOBIL Ruteng

DIECAST MINIATUR MOBIL Ruteng

DIECAST MINIATUR MOBIL Ruteng
Bapak/Ibu tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalau merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau bersama denger dong merk yg pertama... krn anak2 pria selalu merengek minta dibelikan kalau ke minimarket dekat tempat tinggal dengan kata lain supermarket-supermarket gede di kota, terkandung jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yaitu mainan atau model yang diproduksi memakaikan proses die-casting, yang berarti menggunakan sistem pelelehan metal alias logam utk setelah itu dituang dengan dicetak sinkron dgn model yang diinginkan. Die-cast logam dibuat dari logam (logam) bersama plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Ruteng
Bahan
Metal yg dipegunakan biasanya yaitu zamak (mazak) yang yaitu alloy (campuran) zinc (seng) & alluminium. Zamak juga dikenal bagaikan white logam atau pot metal. Mainan yg lazim menerapkan prosedur die casting kebanyakan merupakan mainan design dengan size ibaratnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Meskipun sebenarnya apapun dapat diurus dengan program ini.

Di atas yakni terma ilmiahnya, tetapi untuk para penggemar diecast, para om & tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tak banget perduli dgn istilahnya, karna mereka dpt sebagaimana keracunan / addicted kalo udah jatuh cinta pada design tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, bersama lain-lain, ...seringkali para pencinta modeling enggak care k'lo diecast incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan harga selangit, dengan kata lain tidak rasional bakal orang pada umumnya.

Model-model miniatur yang sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni maupun para kolekdol. Kolekdol adalah istilah bagi para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) produk koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sungguhpun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 atau lebih), tetapi mempunyai nilai ekonomi yg amat bagus kalau kita mampu jeli menonton peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) mampu memperoleh extra honor dari menekuni karier miniatur ini. Bahkan banyak yang bisa menghidupi keluarganya murni cuman dari bisnis diecast ini.

Kebetulan saya yakni salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan saya sewaktu mengandrungi mainan ini, sampai dgn terlibat bersama memperbuat jual-beli, pergantian uang di penghidupan mainan diecast ini nggak main-main. Di puluhan grup FB yg penulis ikuti, maupun di Instagram, masing-masing 24 hour ada ratusan jual/beli baik jual beli ataupun lelang yg nilainya dpt fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yg menghabiskan 5000-Seribu pcs diecast sekali menjalani lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yg melakukan lelang kecil-kecilan dgn kata lain sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Ruteng

DIECAST MINIATUR MOBIL Ruteng

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, jika lima ribu pcs modeling yg dilelang, sirkulasi uang yang terjadi di sini sanggup sampai 100 juta sampai 300an juta rupiah. Belum lagi k'lo ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg jual/beli jual belanja langsung...pasti angkanya mampu wow bagi mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Ruteng
Harga
Harga juga sangat bervariasi & menjurus berubah tinggi, lebih-lebih amat tinggi buat item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai modeling gantungan (sebutan utk hotwheels & lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun k'lo tipe diecast tertentu sedang naik daun dan menjelma incaran para kolektor, harganya mampu menjelma ratusan ribu, jutaan, malahan puluhan juta. Versi Mini yg menjadi merchandise di event tertentu juga pasti sanggup berubah melambung harganya. Pd perhelatan IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise miniatur morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Ruteng
Cerita
Byk cerita yg terjadi di dunia kesenangan yg 1 ini. Namun buat orang seperti saya, yang seorang kolektor, kesukaan ini, mencintai diecast mampu berubah amat menguntungkan. Bakal item tertentu sanggup kita hold/tahan hingga price naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya bisa bakal weekend bersama keluarga, dengan kata lain jalan-jalan akhir thn tanpa pakai memprovokasi kas utama keluarga...he2...

Nah, sebetulnya banyak peluang dari hal-hal yang kita sukai alias dari cuma hobi kita bagi mendatangkan uang, tinggal dengan cara apa kita mau menyikapinya, kepingin memulainya, mau menekuninya, serupa penulis beserta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Ruteng

DIECAST MINIATUR MOBIL Ruteng

DIECAST MINIATUR MOBIL Ruteng

LihatTutupKomentar