DIECAST MINIATUR MOBIL Sambas

DIECAST MINIATUR MOBIL Sambas

DIECAST MINIATUR MOBIL Sambas
Pembaca tahu diecast?

Mobil-mobilan?

K'Lo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau beserta denger dong merk yang pertama... karena anak2 cowok selalu merengek minta dibelikan bila ke minimarket dekat properti atau supermarket-supermarket gede di kota, tercatat jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yaitu mainan dengan kata lain jenis yang diproduksi menerapkan teknik die-casting, yang bermakna menggunakan sistem pelelehan metal dgn kata lain logam buat selanjutnya dituang & dicetak sinkron dgn tipe yang diinginkan. Die-cast metal diurus dari metal (logam) & plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sambas
Bahan
Metal yg dipakai lazimnya ialah zamak (mazak) yang adalah alloy (campuran) zinc (seng) bersama alluminium. Zamak juga dikenal selaku white metal alias pot metal. Mainan yg biasa menerapkan kaidah die casting rata-rata ialah mainan model dgn skala ibaratnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Kendatipun sesungguhnya apapun sanggup diciptakan dengan aturan ini.

Di atas merupakan nama ilmiahnya, namun buat para penggemar diecast, para om bersama tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak banget perduli dengan istilahnya, karna mereka dpt sebagaimana keracunan / addicted bila sudah jatuh cinta pd jenis tertentu. Serupa para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, bersama lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur nggak concern jika modeling incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dgn harga selangit, alias tak rasional buat orang pd umumnya.

Model-model versi mini yang sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol ialah terma bagi para kolektor yang juga siap di dol (jawa=jual) barang koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini biarpun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 dgn kata lain lebih), namun mendapatkan nilai ekonomi yg amat bagus k'lo kita sanggup jeli menonton peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dpt memperoleh pelengkap gaji dari menekuni pekerjaan versi mini ini. Terlebih byk yg dapat menghidupi keluarganya murni semata-mata dari pekerjaan versi mini ini.

Kebetulan penulis adalah salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan penulis sewaktu menggemari mainan ini, hingga dgn terlibat beserta menjalani jual-beli, pertukaran uang di usaha mainan diecast ini nggak main-main. Di puluhan grup facebok yang saya ikuti, maupun di Instagram, masing-masing 24 jam ada ratusan jual/beli positif jual membeli ataupun lelang yang nilainya dapat fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yg menghabiskan 5000-Seribu pcs diecast sekali memperbuat lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yang melakukan lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sambas

DIECAST MINIATUR MOBIL Sambas

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, bila lima ribu pcs modeling yg dilelang, liquiditas uang yg terjadi di sini sanggup menggapai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Blm lagi k'lo ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yg jual/beli jual beli langsung...pasti angkanya mampu wow bagi mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sambas
Harga
Harga juga amat berupa-rupa & mengarah menjelma tinggi, sampai-sampai amat tinggi bagi item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Harga versi mini gantungan (sebutan untuk hotwheels beserta lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun k'lo design diecast tertentu sedang naik daun dengan berubah incaran para kolektor, harganya sanggup menjelma ratusan ribu, jutaan, sampai-sampai puluhan juta. Versi Mini yang menjadi merchandise di event tertentu juga pasti dpt menjelma melambung harganya. Pada agenda IDE (Indonesia Miniatur Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sambas
Cerita
Banyak cerita yang terjadi di dunia kesenangan yg satu ini. Tetapi untuk orang seperti saya, yg seorang kolektor, hobi ini, mencintai versi mini mampu menjelma amat menguntungkan. Bakal item tertentu dpt kita hold/tahan sampai harga naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dpt utk weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir thn minus menghalangi kas pokok keluarga...he2...

Nah, sebetulnya banyak prospek dari hal-hal yang kita sukai dengan kata lain dari cuman hobi kita bakal mendatangkan uang, tinggal gimana kita ingin menyikapinya, kepingin memulainya, pengen menekuninya, semacam penulis beserta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sambas

DIECAST MINIATUR MOBIL Sambas

DIECAST MINIATUR MOBIL Sambas

LihatTutupKomentar