DIECAST MINIATUR MOBIL Sampang


DIECAST MINIATUR MOBIL Sampang
Kamu tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Jika merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti pernah tau & denger dong merk yang pertama... karena anak2 cowok selalu merengek minta dibelikan k'lo ke minimarket dekat hunian dengan kata lain supermarket-supermarket besar di kota, termasuk jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast adalah mainan dgn kata lain model yg diproduksi menerapkan prosedur die-casting, yg bermakna memakai prosedur pelelehan metal alias logam utk selanjutnya dituang serta dicetak sebati dengan tipe yang diinginkan. Die-cast logam diproduksi dari logam (logam) bersama plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sampang
Bahan
Logam yg diperlukan kebanyakan ialah zamak (mazak) yg yakni alloy (campuran) zinc (seng) dan alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white metal alias pot metal. Mainan yg biasa memakaikan metode die casting umumnya adalah mainan rupa dengan ukuran contohnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Biarpun sebenarnya apapun dapat diproduksi dengan panduan ini.

Di atas merupakan istilah ilmiahnya, tetapi utk para penggemar diecast, para om beserta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tak terlalu perduli dgn istilahnya, karna mereka bisa serupa keracunan / addicted kalau udah jatuh cinta pada rupa tertentu. Serupa para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, & lain-lain, ...seringkali para pencinta modeling nggak concern kalau versi mini incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan value selangit, dgn kata lain enggak rasional bakal orang pada umumnya.

Model-model miniatur yg sedang digandrungi, semacam datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni maupun para kolekdol. Kolekdol yakni nama utk para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) produk koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini kendatipun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 atau lebih), namun mendapatkan price ekonomi yg sangat bagus k'lo kita dpt jeli melihat peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) mampu memperoleh ekstra upah dari menekuni pencaharian miniatur ini. Lebih-Lebih byk yang mampu menghidupi keluarganya murni semata-mata dari bisnis modeling ini.

Kebetulan saya yaitu salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan penulis selagi mengandrungi mainan ini, sampai dengan terlibat beserta melaksanakan jual-beli, rotasi uang di bisnis mainan versi mini ini tidak main-main. Di puluhan grup facebok yg penulis ikuti, ataupun di Instagram, tiap 24 hour ada ratusan jual/beli bagus jual pesan maupun lelang yang nilainya sanggup fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yg menghabiskan 5000-Seribu pcs modeling sekali mengerjakan lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yg mengerjakan lelang kecil-kecilan alias sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sampang

DIECAST MINIATUR MOBIL Sampang

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, k'lo 5000 pcs miniatur yang dilelang, rotasi uang yg terjadi di sini bisa sampai 100 juta hingga 300an juta rupiah. Belom lagi k'lo ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg transaksi jual belanja langsung...pasti angkanya dpt wow bakal mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sampang
Harga
Price juga sangat beragam dan condong menjadi tinggi, bahkan sangat tinggi utk item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Value modeling gantungan (sebutan bakal hotwheels & lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun k'lo rupa modeling tertentu sedang naik daun serta menjadi incaran para kolektor, harganya sanggup berubah ratusan ribu, jutaan, bahkan puluhan juta. Diecast yg menjadi merchandise di event tertentu juga pasti sanggup menjadi melambung harganya. Pd perhelatan IDE (Indonesia Diecast Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sampang
Cerita
Banyak cerita yg terjadi di dunia senang yang satu ini. Namun bagi orang serupa saya, yang seorang kolektor, kesenangan ini, mencintai diecast dpt menjelma amat menguntungkan. Bakal item tertentu dapat kita hold/tahan hingga nilai naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya bisa utk weekend bersama keluarga, alias jalan-jalan akhir tahun nggak pake mengacaukan kas utama keluarga...he2...

Nah, sebetulnya banyak prospek dari hal-hal yang kita sukai alias dari hyn kesenangan kita buat mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita kepingin menyikapinya, ingin memulainya, hendak menekuninya, sebagaimana penulis beserta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sampang

DIECAST MINIATUR MOBIL Sampang

DIECAST MINIATUR MOBIL Sampang

LihatTutupKomentar