DIECAST MINIATUR MOBIL Sanana

DIECAST MINIATUR MOBIL Sanana

DIECAST MINIATUR MOBIL Sanana
Agan tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Jika merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau bersama denger dong merk yg pertama... krn anak2 cowok selamanya merengek minta dibelikan bila ke minimarket dekat permukiman atau supermarket-supermarket besar di kota, terhitung jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast adalah mainan atau design yang diproduksi memakekan pola die-casting, yang bermakna melalui sistem pelelehan logam alias metal bakal setelah itu dituang dan dicetak setakar dengan tipe yg diinginkan. Die-cast metal dibuat dari logam (logam) dan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sanana
Bahan
Logam yg diperlukan biasanya ialah zamak (mazak) yg merupakan alloy (campuran) zinc (seng) dengan alluminium. Zamak juga dikenal bagaikan white metal dgn kata lain pot metal. Mainan yg jamak memakaikan cara die casting kebanyakan adalah mainan model dgn size umpamanya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Biarpun sebenarnya apapun mampu diurus dgn tips-tips ini.

Di atas adalah istilah ilmiahnya, namun buat para penggemar diecast, para om & tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tak terlalu perduli dgn istilahnya, karena mereka dapat sebagaimana keracunan / addicted kalau sudah jatuh cinta pada desain tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, bersama lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini nggak peduli k'lo miniatur incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan value selangit, alias nggak rasional untuk orang pd umumnya.

Model-model miniatur yg sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni maupun para kolekdol. Kolekdol merupakan istilah buat para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) barang koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini kendatipun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 dengan kata lain lebih), namun memiliki nilai ekonomi yg sangat bagus kalo kita mampu jeli menyaksikan peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) bisa memperoleh lebih penghidupan dari menekuni pencaharian versi mini ini. Sampai-Sampai byk yg dpt menghidupi keluarganya murni cuma dari pencaharian diecast ini.

Kebetulan saya ialah salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan saya selagi hobi mainan ini, sampai dengan terlibat bersama mengerjakan jual-beli, liquiditas uang di profesi mainan miniatur ini enggak main-main. Di puluhan grup facebok yg saya ikuti, ataupun di Instagram, tiap day ada ratusan jual/beli baik jual pesan maupun lelang yang nilainya dpt fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs versi mini sekali memperbuat lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yg melaksanakan lelang kecil-kecilan alias sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sanana

DIECAST MINIATUR MOBIL Sanana

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalau 5000 pcs modeling yang dilelang, pergantian uang yang terjadi di sini dapat sampai 100 juta hingga 300an juta rupiah. Belum lagi jika ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yg transaksi jual membeli langsung...pasti angkanya mampu wow buat mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sanana
Harga
Value juga sangat berupa-rupa beserta miring menjadi tinggi, sampai-sampai amat tinggi untuk item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai modeling gantungan (sebutan bakal hotwheels & lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi kalau design miniatur tertentu sedang naik daun & menjadi incaran para kolektor, harganya sanggup menjelma ratusan ribu, jutaan, sampai-sampai puluhan juta. Diecast yg berubah merchandise di event tertentu juga pasti dapat berubah melambung harganya. Pd perhelatan IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise miniatur morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sanana
Cerita
Banyak dongeng yang terjadi di dunia hobi yg 1 ini. Tapi bagi orang sebagaimana saya, yang seorang kolektor, senang ini, mencintai miniatur dpt berubah sangat menguntungkan. Bagi item tertentu bisa kita hold/tahan sampai harga naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dapat bagi weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir thn tanpa menghalangi kas primer keluarga...he2...

Nah, sebenarnya banyak prospek dari hal-hal yang kita sukai dgn kata lain dari sekadar hobi kita utk mendatangkan uang, tinggal gimana kita kepingin menyikapinya, kepingin memulainya, kepingin menekuninya, sebagaimana penulis dan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sanana

DIECAST MINIATUR MOBIL Sanana

DIECAST MINIATUR MOBIL Sanana

LihatTutupKomentar