DIECAST MINIATUR MOBIL Seruyan

DIECAST MINIATUR MOBIL Seruyan

DIECAST MINIATUR MOBIL Seruyan
Bapak/Ibu tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau dan dengar dong merk yg pertama... karna anak2 cowo selalu merengek minta dibelikan kalo ke minimarket dekat kediaman dengan kata lain supermarket-supermarket besar di kota, tersisip jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast ialah mainan alias rupa yg diproduksi memakaikan program die-casting, yg bermakna menggunakan teknik pelelehan logam alias logam utk setelah itu dituang dan dicetak pantas dgn jenis yang diinginkan. Die-cast metal dirancang dari metal (logam) dan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Seruyan
Bahan
Metal yang digunakan umumnya ialah zamak (mazak) yang adalah alloy (campuran) zinc (seng) beserta alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white metal alias pot metal. Mainan yang standar menerapkan strategi die casting biasanya yaitu mainan jenis dgn size contohnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Meskipun sedianya apapun dapat diciptakan dgn tata cara ini.

Di atas yakni terma ilmiahnya, tetapi untuk para penggemar diecast, para om & tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tak betul-betul perduli dgn istilahnya, karna mereka sanggup semacam keracunan / addicted k'lo udah tersandung cinta pada tipe tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, serta lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini nggak care kalo miniatur incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan nilai selangit, alias tak rasional utk orang pd umumnya.

Model-model miniatur yang sedang digandrungi, sebagaimana datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol merupakan sebutan buat para kolektor yang juga siap di dol (jawa=jual) stok koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini biarpun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 alias lebih), tapi memperoleh nilai ekonomi yang sangat bagus jika kita sanggup jeli menyaksikan peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dapat memperoleh pelengkap income dari menekuni penghidupan miniatur ini. Malahan byk yg bisa menghidupi keluarganya murni cuman dari profesi diecast ini.

Kebetulan penulis adalah salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya semasa menyukai mainan ini, sampai dengan terlibat dan memperbuat jual-beli, perpindahan uang di pencaharian mainan modeling ini enggak main-main. Di puluhan grup facebok yang saya ikuti, ataupun di Instagram, tiap 24 jam ada ratusan jual/beli baik jual membeli maupun lelang yg nilainya dpt fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yg menghabiskan 5000-Seribu pcs modeling sekali mengerjakan lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yang menjalani lelang kecil-kecilan dgn kata lain sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Seruyan

DIECAST MINIATUR MOBIL Seruyan

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, k'lo 5000 pcs modeling yg dilelang, sirkulasi uang yg terjadi di sini bisa menggapai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Belom lagi jika ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg jual/beli jual belanja langsung...pasti angkanya dpt wow utk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Seruyan
Harga
Value juga sangat bervariasi & berat menjadi tinggi, sampai-sampai sangat tinggi untuk item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai diecast gantungan (sebutan bagi hotwheels beserta lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun jika desain miniatur tertentu sedang naik daun bersama menjadi incaran para kolektor, harganya dapat menjadi ratusan ribu, jutaan, bahkan puluhan juta. Modeling yg menjelma merchandise di event tertentu juga pasti mampu menjadi melambung harganya. Pada hajatan IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Seruyan
Cerita
Byk cerita yang terjadi di dunia demen yang 1 ini. Namun buat orang sebagaimana saya, yang seorang kolektor, senang ini, mencintai miniatur dpt menjelma amat menguntungkan. Buat item tertentu mampu kita hold/tahan hingga price naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya mampu bagi weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir thn tidak perlu mengacaukan kas primer keluarga...he2...

Nah, sesungguhnya byk kans dari hal-hal yg kita sukai alias dari hyn senang kita buat mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita kepingin menyikapinya, ingin memulainya, ingin menekuninya, seperti penulis dan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Seruyan

DIECAST MINIATUR MOBIL Seruyan

DIECAST MINIATUR MOBIL Seruyan

LihatTutupKomentar