DIECAST MINIATUR MOBIL Sidoarjo

DIECAST MINIATUR MOBIL Sidoarjo

DIECAST MINIATUR MOBIL Sidoarjo
Bapak/Ibu tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau & mendegar dong merk yg pertama... karna anak2 laki-laki senantiasa merengek minta dibelikan k'lo ke minimarket dekat bangunan alias supermarket-supermarket gede di kota, terlingkungi jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yakni mainan alias model yang diproduksi memakekan aturan die-casting, yg bermakna lewat proses pelelehan metal alias logam bagi selanjutnya dituang bersama dicetak pantas dgn model yang diinginkan. Die-cast logam diurus dari logam (logam) bersama plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sidoarjo
Bahan
Metal yang diperlukan kebanyakan merupakan zamak (mazak) yang yaitu alloy (campuran) zinc (seng) dengan alluminium. Zamak juga dikenal bagaikan white metal alias pot metal. Mainan yang jamak memakekan pola die casting kebanyakan yaitu mainan jenis dengan skala contohnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Meskipun sebenarnya apapun dapat diproses dgn tata cara ini.

Di atas adalah istilah ilmiahnya, namun bagi para penggemar diecast, para om dengan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini nggak terlampau perduli dengan istilahnya, sebab mereka bisa serupa keracunan / addicted bila sudah terjerembab cinta pd tipe tertentu. Serupa para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, serta lain-lain, ...seringkali para pencinta diecast tak care jika miniatur incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dgn harga selangit, alias enggak rasional buat orang pada umumnya.

Model-model modeling yg sedang digandrungi, sebagaimana datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol yaitu istilah buat para kolektor yang juga siap di dol (jawa=jual) produk koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini biarpun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 dgn kata lain lebih), tetapi mempunyai value ekonomi yang sangat bagus kalau kita dpt jeli melihat peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) mampu menerima lbh upah dari menekuni usaha miniatur ini. Bahkan byk yang dapat menghidupi keluarganya murni sekadar dari profesi modeling ini.

Kebetulan saya yakni salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan penulis sewaktu menyukai mainan ini, hingga dengan terlibat dengan melakukan jual-beli, pergantian uang di karier mainan diecast ini tidak main-main. Di puluhan grup FB yg saya ikuti, ataupun di Instagram, setiap hari ada ratusan jual/beli baik jual belanja maupun lelang yg nilainya dpt fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yg menghabiskan 5000-Seribu pcs diecast sekali melaksanakan lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yg melakukan lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sidoarjo

DIECAST MINIATUR MOBIL Sidoarjo

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, bila 5000 pcs miniatur yg dilelang, peredaran uang yg terjadi di sini bisa mencapai 100 juta sampai 300an juta rupiah. Belum lagi bila ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yang jual/beli jual belanja langsung...pasti angkanya dpt wow utk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sidoarjo
Harga
Value juga amat beragam dan mengarah menjadi tinggi, lebih-lebih sangat tinggi buat item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai miniatur gantungan (sebutan bakal hotwheels & lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi kalau model versi mini tertentu sedang naik daun & menjelma incaran para kolektor, harganya dpt menjadi ratusan ribu, jutaan, sampai-sampai puluhan juta. Versi Mini yang menjelma merchandise di event tertentu juga pasti bisa menjelma melambung harganya. Pada agenda IDE (Indonesia Miniatur Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sidoarjo
Cerita
Byk cerita yg terjadi di dunia suka yang 1 ini. Namun bagi orang semacam saya, yang seorang kolektor, doyan ini, mencintai miniatur mampu berubah amat menguntungkan. Buat item tertentu bisa kita hold/tahan hingga nilai naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya sanggup bagi weekend bersama keluarga, dgn kata lain jalan-jalan akhir thn tanpa pakai merecoki kas pokok keluarga...he2...

Nah, sebenarnya banyak potensi dari hal-hal yg kita sukai atau dari semata-mata kegemaran kita bagi mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita mau menyikapinya, ingin memulainya, pengen menekuninya, semacam penulis dan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sidoarjo

DIECAST MINIATUR MOBIL Sidoarjo

DIECAST MINIATUR MOBIL Sidoarjo

LihatTutupKomentar