DIECAST MINIATUR MOBIL Sikka

DIECAST MINIATUR MOBIL Sikka

DIECAST MINIATUR MOBIL Sikka
Pembaca tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Bila merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau dan dengar dong merk yg pertama... karna anak2 pria terus-menerus merengek minta dibelikan bila ke minimarket dekat hunian dgn kata lain supermarket-supermarket besar di kota, tercantum jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yaitu mainan alias model yg diproduksi menerapkan panduan die-casting, yg berarti memakai cara pelelehan logam alias logam utk selanjutnya dituang beserta dicetak sesuai dgn jenis yang diinginkan. Die-cast metal diciptakan dari metal (logam) bersama plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sikka
Bahan
Logam yang dipake biasanya adalah zamak (mazak) yang yakni alloy (campuran) zinc (seng) dengan alluminium. Zamak juga dikenal bagaikan white metal atau pot metal. Mainan yang normal memakaikan bimbingan die casting umumnya yaitu mainan jenis dengan ukuran misalnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Walaupun sebetulnya apapun dpt dirancang dengan petunjuk ini.

Di atas yakni terma ilmiahnya, tetapi bagi para penggemar diecast, para om dengan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tak berlebihan perduli dgn istilahnya, sebab mereka sanggup seperti keracunan / addicted bila udah tersandung cinta pd tipe tertentu. Semacam para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, bersama lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur nggak care bila diecast incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dgn value selangit, alias tak rasional bakal orang pada umumnya.

Model-model modeling yg sedang digandrungi, semacam datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi amat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol yakni istilah bagi para kolektor yg juga siap di dol (jawa=jual) stok koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sungguhpun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 atau lebih), tapi memiliki nilai ekonomi yg sangat bagus jika kita dapat jeli memandang peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) bisa menerima pelengkap pendapatan dari menekuni karier diecast ini. Lebih-Lebih banyak yang dpt menghidupi keluarganya murni cuman dari usaha miniatur ini.

Kebetulan saya adalah salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya sewaktu menggemari mainan ini, sampai dgn terlibat serta menjalani jual-beli, sirkulasi uang di profesi mainan diecast ini enggak main-main. Di puluhan grup facebok yg penulis ikuti, ataupun di Instagram, setiap day ada ratusan jual/beli baik jual beli ataupun lelang yang nilainya mampu fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yg menghabiskan 5000-1000 pcs miniatur sekali melaksanakan lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yang melakukan lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sikka

DIECAST MINIATUR MOBIL Sikka

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalau 5000 pcs diecast yang dilelang, aliran uang yang terjadi di sini sanggup sampai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Belom lagi bila ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yang transaksi jual berbelanja langsung...pasti angkanya mampu wow untuk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sikka
Harga
Price juga sangat berupa-rupa serta mengarah menjelma tinggi, terlebih amat tinggi utk item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai versi mini gantungan (sebutan buat hotwheels dengan lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi kalau design modeling tertentu sedang naik daun & menjadi incaran para kolektor, harganya mampu berubah ratusan ribu, jutaan, lebih-lebih puluhan juta. Diecast yg menjelma merchandise di event tertentu juga pasti bisa menjelma melambung harganya. Pada agenda IDE (Indonesia Miniatur Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise miniatur morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sikka
Cerita
Byk dongeng yang terjadi di dunia demen yang satu ini. Tapi bakal orang semacam saya, yg seorang kolektor, gemar ini, mencintai diecast sanggup berubah amat menguntungkan. Bagi item tertentu dapat kita hold/tahan sampai nilai naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya sanggup bakal weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir thn tidak perlu mengacaukan kas esensial keluarga...he2...

Nah, sedianya banyak prospek dari hal-hal yg kita sukai atau dari sekadar doyan kita bakal mendatangkan uang, tinggal dengan manual apa kita ingin menyikapinya, pengen memulainya, ingin menekuninya, semacam saya bersama kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sikka

DIECAST MINIATUR MOBIL Sikka

DIECAST MINIATUR MOBIL Sikka

LihatTutupKomentar