DIECAST MINIATUR MOBIL Sikka

DIECAST MINIATUR MOBIL Sikka

DIECAST MINIATUR MOBIL Sikka
Agan tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau dan denger dong merk yg pertama... krn anak2 laki-laki terus-menerus merengek minta dibelikan jika ke minimarket dekat bangunan alias supermarket-supermarket besar di kota, terkandung jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast merupakan mainan alias rupa yang diproduksi memakaikan teknik die-casting, yg berarti melalui prosedur pelelehan logam dengan kata lain metal bakal lalu dituang & dicetak sebati dgn model yg diinginkan. Die-cast logam diproses dari logam (logam) dan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sikka
Bahan
Logam yang dipake lazimnya yakni zamak (mazak) yg adalah alloy (campuran) zinc (seng) & alluminium. Zamak juga dikenal selaku white metal atau pot metal. Mainan yg lumrah menggunakan aneka tips die casting rata-rata yaitu mainan rupa dengan size misalnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sekalipun sedianya apapun dapat diproses dgn langkah ini.

Di atas adalah istilah ilmiahnya, tapi buat para penggemar diecast, para om dengan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini nggak berlebihan perduli dengan istilahnya, sebab mereka mampu serupa keracunan / addicted jika udah jatuh cinta pada tipe tertentu. Serupa para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, bersama lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini enggak care bila miniatur incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan price selangit, dgn kata lain nggak rasional utk orang pada umumnya.

Model-model modeling yg sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol ialah istilah untuk para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) persediaan koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sekalipun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 alias lebih), tetapi mendapatkan value ekonomi yg sangat bagus kalo kita sanggup jeli melihat peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dapat menerima extra nafkah dari menekuni profesi modeling ini. Lebih-Lebih byk yg bisa menghidupi keluarganya murni cuman dari usaha miniatur ini.

Kebetulan penulis yakni salah satu kolektor, sepanjang pengamatan penulis selama menyukai mainan ini, hingga dgn terlibat bersama menjalani jual-beli, pertukaran uang di karier mainan diecast ini tidak main-main. Di puluhan grup facebok yg penulis ikuti, ataupun di Instagram, tiap day ada ratusan jual/beli positive jual pesan ataupun lelang yg nilainya dapat fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs miniatur sekali mengerjakan lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yg mengerjakan lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sikka

DIECAST MINIATUR MOBIL Sikka

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, k'lo lima ribu pcs modeling yang dilelang, pertukaran uang yang terjadi di sini dapat mencapai 100 juta sampai 300an juta rupiah. Blm lagi kalo ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg jual/beli jual belanja langsung...pasti angkanya dapat wow buat mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sikka
Harga
Value juga amat beragam bersama miring menjadi tinggi, lebih-lebih sangat tinggi untuk item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Harga modeling gantungan (sebutan utk hotwheels dan lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi k'lo tipe miniatur tertentu sedang naik daun & berubah incaran para kolektor, harganya mampu menjelma ratusan ribu, jutaan, lebih-lebih puluhan juta. Miniatur yang berubah merchandise di event tertentu juga pasti bisa berubah melambung harganya. Pd perhelatan IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sikka
Cerita
Byk cerita yang terjadi di dunia gemar yang satu ini. Tapi bakal orang semacam saya, yang seorang kolektor, demen ini, mencintai diecast bisa menjelma sangat menguntungkan. Utk item tertentu dpt kita hold/tahan hingga nilai naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dpt buat weekend bersama keluarga, dgn kata lain jalan-jalan akhir tahun tidak perlu mengganggu kas pokok keluarga...he2...

Nah, sebetulnya byk potensi dari hal-hal yang kita sukai atau dari cuman senang kita utk mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita kepingin menyikapinya, kepingin memulainya, kepingin menekuninya, sebagaimana penulis dengan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sikka

DIECAST MINIATUR MOBIL Sikka

DIECAST MINIATUR MOBIL Sikka

LihatTutupKomentar