DIECAST MINIATUR MOBIL Singkawang

DIECAST MINIATUR MOBIL Singkawang

DIECAST MINIATUR MOBIL Singkawang
Agan tahu diecast?

Mobil-mobilan?

K'Lo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau bersama dengar dong merk yg pertama... sebab anak2 cowo selamanya merengek minta dibelikan jika ke minimarket dekat rumah atau supermarket-supermarket gede di kota, tercantum jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast ialah mainan dgn kata lain model yang diproduksi menerapkan tips-tips die-casting, yg berarti melalui cara pelelehan logam dengan kata lain logam bakal kemudian dituang & dicetak sesuai dengan bentuk yg diinginkan. Die-cast metal diurus dari metal (logam) dengan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Singkawang
Bahan
Logam yang dipegunakan kebanyakan merupakan zamak (mazak) yg ialah alloy (campuran) zinc (seng) & alluminium. Zamak juga dikenal sbg white logam alias pot metal. Mainan yang normal menggunakan manual die casting kebanyakan merupakan mainan model dengan size ibaratnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Meskipun sebetulnya apapun mampu diciptakan dengan aneka tips ini.

Di atas adalah sebutan ilmiahnya, namun utk para penggemar diecast, para om & tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak betul-betul perduli dgn istilahnya, sebab mereka mampu seperti keracunan / addicted k'lo udah terjerembab cinta pd tipe tertentu. Serupa para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, & lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur enggak concern kalau modeling incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dgn value selangit, dgn kata lain nggak rasional buat orang pd umumnya.

Model-model modeling yang sedang digandrungi, sebagaimana datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi amat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol merupakan sebutan buat para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) stok koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini kendatipun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 dengan kata lain lebih), namun mempunyai harga ekonomi yang sangat bagus k'lo kita dpt jeli memandang peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dapat menerima komplemen penghasilan dari menekuni pekerjaan versi mini ini. Malahan byk yg mampu menghidupi keluarganya murni cukup dari profesi miniatur ini.

Kebetulan penulis yaitu salah satu kolektor, sepanjang pengamatan penulis semasa hobi mainan ini, sampai dgn terlibat dan mengerjakan jual-beli, rotasi uang di karier mainan modeling ini tak main-main. Di puluhan grup facebok yg penulis ikuti, maupun di Instagram, masing-masing hari ada ratusan jual/beli baik jual beli ataupun lelang yg nilainya bisa fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-1000 pcs modeling sekali memperbuat lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yang menjalankan lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Singkawang

DIECAST MINIATUR MOBIL Singkawang

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, bila lima ribu pcs diecast yang dilelang, perpindahan uang yang terjadi di sini sanggup sampai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Belum lagi k'lo ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yang jual/beli jual beli langsung...pasti angkanya sanggup wow buat mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Singkawang
Harga
Nilai juga sangat bervariasi serta mengarah berubah tinggi, sampai-sampai amat tinggi bakal item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai versi mini gantungan (sebutan bagi hotwheels bersama lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun bila rupa versi mini tertentu sedang naik daun & menjelma incaran para kolektor, harganya sanggup menjadi ratusan ribu, jutaan, malahan puluhan juta. Versi Mini yang menjadi merchandise di event tertentu juga pasti sanggup menjadi melambung harganya. Pada kegiatan IDE (Indonesia Miniatur Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise modeling morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Singkawang
Cerita
Byk dongeng yang terjadi di dunia kesenangan yg satu ini. Namun bagi orang seperti saya, yang seorang kolektor, minat ini, mencintai modeling dapat menjadi amat menguntungkan. Bagi item tertentu dpt kita hold/tahan sampai value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya mampu utk weekend bersama keluarga, dgn kata lain jalan-jalan akhir thn tanpa merintangi kas esensial keluarga...he2...

Nah, sebenarnya byk kesempatan dari hal-hal yang kita sukai dengan kata lain dari cuman suka kita buat mendatangkan uang, tinggal dengan kaidah apa kita mau menyikapinya, ingin memulainya, kepingin menekuninya, serupa penulis serta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Singkawang

DIECAST MINIATUR MOBIL Singkawang

DIECAST MINIATUR MOBIL Singkawang

LihatTutupKomentar