DIECAST MINIATUR MOBIL Sorendiweri

DIECAST MINIATUR MOBIL Sorendiweri

DIECAST MINIATUR MOBIL Sorendiweri
Pembaca tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalau merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau dan dengar dong merk yang pertama... sebab anak2 cowok selalu merengek minta dibelikan jika ke minimarket dekat gedung alias supermarket-supermarket besar di kota, termasuk jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast ialah mainan dgn kata lain model yang diproduksi menerapkan bimbingan die-casting, yang berarti menggunakan metode pelelehan metal alias metal utk sesudahnya dituang serta dicetak sinkron dgn rupa yang diinginkan. Die-cast logam diproduksi dari logam (logam) serta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sorendiweri
Bahan
Metal yang dipegunakan rata-rata adalah zamak (mazak) yg merupakan alloy (campuran) zinc (seng) dengan alluminium. Zamak juga dikenal selaku white metal dengan kata lain pot metal. Mainan yang normal menggunakan cara die casting lazimnya yaitu mainan jenis dgn skala misalnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sungguhpun sebenarnya apapun dapat dikerjakan dengan petunjuk ini.

Di atas yakni istilah ilmiahnya, tetapi utk para penggemar diecast, para om & tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak terlampau perduli dengan istilahnya, karna mereka bisa seperti keracunan / addicted kalo udah jatuh cinta pada rupa tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, serta lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini tidak concern jika diecast incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan nilai selangit, alias tak rasional buat orang pada umumnya.

Model-model versi mini yg sedang digandrungi, semacam datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol adalah istilah untuk para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) produk koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini kendatipun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 alias lebih), tapi memperoleh price ekonomi yang sangat bagus bila kita bisa jeli menonton peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dapat memperoleh lebih penghidupan dari menekuni usaha modeling ini. Terlebih byk yg dapat menghidupi keluarganya murni semata-mata dari pencaharian modeling ini.

Kebetulan saya yaitu salah satu kolektor, sepanjang pengamatan penulis semasa menggemari mainan ini, hingga dgn terlibat serta memperbuat jual-beli, pergantian uang di penghidupan mainan miniatur ini nggak main-main. Di puluhan grup FB yang saya ikuti, ataupun di Instagram, masing-masing day ada ratusan jual/beli baik jual beli ataupun lelang yang nilainya mampu fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs versi mini sekali menjalani lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yg memperbuat lelang kecil-kecilan dgn kata lain sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sorendiweri

DIECAST MINIATUR MOBIL Sorendiweri

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, k'lo lima ribu pcs diecast yang dilelang, liquiditas uang yang terjadi di sini sanggup menggapai 100 juta sampai 300an juta rupiah. Belum lagi jika ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yang transaksi jual belanja langsung...pasti angkanya mampu wow buat mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sorendiweri
Harga
Harga juga sangat bermacam-macam & miring berubah tinggi, terlebih amat tinggi utk item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Harga miniatur gantungan (sebutan utk hotwheels serta lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi kalau model versi mini tertentu sedang naik daun & menjadi incaran para kolektor, harganya dapat menjelma ratusan ribu, jutaan, sampai-sampai puluhan juta. Modeling yang berubah merchandise di event tertentu juga pasti bisa menjadi melambung harganya. Pada kegiatan IDE (Indonesia Miniatur Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise miniatur morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sorendiweri
Cerita
Banyak cerita yang terjadi di dunia gemar yang satu ini. Tapi buat orang sebagaimana saya, yg seorang kolektor, minat ini, mencintai diecast dpt menjelma amat menguntungkan. Untuk item tertentu dapat kita hold/tahan hingga price naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dpt bakal weekend bersama keluarga, dgn kata lain jalan-jalan akhir tahun tanpa menyusahkan kas utama keluarga...he2...

Nah, sebetulnya byk prospek dari hal-hal yang kita sukai dgn kata lain dari cuman minat kita buat mendatangkan uang, tinggal dengan sistem apa kita kepingin menyikapinya, hendak memulainya, ingin menekuninya, sebagaimana penulis dan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sorendiweri

DIECAST MINIATUR MOBIL Sorendiweri

DIECAST MINIATUR MOBIL Sorendiweri

LihatTutupKomentar