DIECAST MINIATUR MOBIL Sorong Selatan

DIECAST MINIATUR MOBIL Sorong Selatan

DIECAST MINIATUR MOBIL Sorong Selatan
Anda tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Jika merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau beserta dengar dong merk yg pertama... krn anak2 pria selamanya merengek minta dibelikan bila ke minimarket dekat bangunan dgn kata lain supermarket-supermarket gede di kota, terlingkungi jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yakni mainan dgn kata lain jenis yang diproduksi memakekan aturan die-casting, yg bermakna melalui prosedur pelelehan metal dgn kata lain logam bagi sesudahnya dituang dengan dicetak setakar dgn jenis yg diinginkan. Die-cast logam diurus dari logam (logam) serta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sorong Selatan
Bahan
Metal yang diperlukan umumnya merupakan zamak (mazak) yg yakni alloy (campuran) zinc (seng) & alluminium. Zamak juga dikenal sbg white logam dgn kata lain pot metal. Mainan yg lazim menggunakan teknik die casting biasanya merupakan mainan desain dgn skala contohnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Kendatipun sebetulnya apapun mampu dikerjakan dgn aneka tips ini.

Di atas yaitu istilah ilmiahnya, tetapi bakal para penggemar diecast, para om dengan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak banget perduli dgn istilahnya, karna mereka dpt sebagaimana keracunan / addicted kalo udah tersandung cinta pada design tertentu. Serupa para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, bersama lain-lain, ...seringkali para pencinta diecast enggak care bila versi mini incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan nilai selangit, alias nggak rasional bakal orang pada umumnya.

Model-model versi mini yang sedang digandrungi, sebagaimana datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi amat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni maupun para kolekdol. Kolekdol ialah terma untuk para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) produk koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini kendatipun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 alias lebih), namun mendapatkan nilai ekonomi yg sangat bagus k'lo kita sanggup jeli menengok peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) mampu menemukan extra salary dari menekuni karier versi mini ini. Lebih-Lebih banyak yang mampu menghidupi keluarganya murni hyn dari karier miniatur ini.

Kebetulan saya merupakan salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan penulis sewaktu mengandrungi mainan ini, sampai dgn terlibat & melakukan jual-beli, sirkulasi uang di profesi mainan modeling ini tak main-main. Di puluhan grup FB yg penulis ikuti, ataupun di Instagram, masing-masing 24 hour ada ratusan jual/beli bagus jual pesan maupun lelang yg nilainya dapat fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yg menghabiskan 5000-Seribu pcs diecast sekali memperbuat lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yg melaksanakan lelang kecil-kecilan alias sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sorong Selatan

DIECAST MINIATUR MOBIL Sorong Selatan

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalau lima ribu pcs diecast yg dilelang, rotasi uang yang terjadi di sini dapat menggapai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Belum lagi k'lo ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yg jual/beli jual membeli langsung...pasti angkanya dapat wow utk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sorong Selatan
Harga
Harga juga sangat berupa-rupa bersama menjurus menjadi tinggi, bahkan sangat tinggi untuk item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Harga modeling gantungan (sebutan buat hotwheels serta lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi kalo rupa versi mini tertentu sedang naik daun dan berubah incaran para kolektor, harganya dapat berubah ratusan ribu, jutaan, bahkan puluhan juta. Modeling yg menjelma merchandise di event tertentu juga pasti dapat menjelma melambung harganya. Pd agenda IDE (Indonesia Miniatur Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise miniatur morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sorong Selatan
Cerita
Byk dongeng yang terjadi di dunia hobi yg 1 ini. Namun buat orang serupa saya, yang seorang kolektor, senang ini, mencintai modeling dapat berubah sangat menguntungkan. Untuk item tertentu dapat kita hold/tahan sampai value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya sanggup buat weekend bersama keluarga, alias jalan-jalan akhir thn tanpa pakai merongrong kas utama keluarga...he2...

Nah, sebetulnya byk kans dari hal-hal yang kita sukai alias dari semata-mata kegemaran kita untuk mendatangkan uang, tinggal dengan tips apa kita mau menyikapinya, kepingin memulainya, pengen menekuninya, sebagaimana saya beserta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sorong Selatan

DIECAST MINIATUR MOBIL Sorong Selatan

DIECAST MINIATUR MOBIL Sorong Selatan

LihatTutupKomentar