DIECAST MINIATUR MOBIL Sukoharjo

DIECAST MINIATUR MOBIL Sukoharjo

DIECAST MINIATUR MOBIL Sukoharjo
Agan tahu diecast?

Mobil-mobilan?

K'Lo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau serta mendegar dong merk yang pertama... karna anak2 cowok terus-menerus merengek minta dibelikan jika ke minimarket dekat gedung dgn kata lain supermarket-supermarket besar di kota, tercatat jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast merupakan mainan alias tipe yang diproduksi menggunakan kaidah die-casting, yg bermakna menggunakan operasi pelelehan logam dgn kata lain logam utk lantas dituang serta dicetak bertimbal dengan jenis yang diinginkan. Die-cast logam diproduksi dari metal (logam) beserta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sukoharjo
Bahan
Metal yang diperlukan rata-rata adalah zamak (mazak) yg yaitu alloy (campuran) zinc (seng) serta alluminium. Zamak juga dikenal selaku white logam dengan kata lain pot metal. Mainan yg normal menggunakan proses die casting rata-rata ialah mainan model dgn ukuran ibaratnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Meskipun sebenarnya apapun bisa dirancang dengan tips ini.

Di atas yaitu nama ilmiahnya, tetapi buat para penggemar diecast, para om dengan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini nggak terlampau perduli dgn istilahnya, karna mereka mampu sebagaimana keracunan / addicted kalau sudah tersandung cinta pada tipe tertentu. Semacam para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dengan lain-lain, ...seringkali para pencinta modeling tidak concern kalau versi mini incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dgn value selangit, alias nggak rasional untuk orang pada umumnya.

Model-model diecast yang sedang digandrungi, sebagaimana datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol adalah sebutan buat para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) persediaan koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini walaupun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 dengan kata lain lebih), tapi mendapatkan nilai ekonomi yang sangat bagus k'lo kita dpt jeli memandang peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dapat mendapatkan extra gaji dari menekuni penghidupan diecast ini. Lebih-Lebih byk yang mampu menghidupi keluarganya murni cuma dari bisnis modeling ini.

Kebetulan saya yakni salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya semasa hobi mainan ini, hingga dengan terlibat dengan memperbuat jual-beli, aliran uang di pekerjaan mainan versi mini ini tak main-main. Di puluhan grup FB yg saya ikuti, maupun di Instagram, setiap 24 jam ada ratusan jual/beli positif jual berbelanja maupun lelang yg nilainya mampu fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-1000 pcs versi mini sekali memperbuat lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yang menjalani lelang kecil-kecilan dgn kata lain sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sukoharjo

DIECAST MINIATUR MOBIL Sukoharjo

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalau 5000 pcs miniatur yang dilelang, perpindahan uang yang terjadi di sini bisa sampai 100 juta hingga 300an juta rupiah. Belum lagi kalo ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yg jual/beli jual pesan langsung...pasti angkanya dapat wow bagi mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sukoharjo
Harga
Value juga sangat bermacam-macam dan menjurus menjadi tinggi, malahan amat tinggi utk item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Price diecast gantungan (sebutan untuk hotwheels bersama lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun kalau design diecast tertentu sedang naik daun dengan menjadi incaran para kolektor, harganya bisa menjelma ratusan ribu, jutaan, bahkan puluhan juta. Miniatur yang menjadi merchandise di event tertentu juga pasti sanggup berubah melambung harganya. Pada acara IDE (Indonesia Miniatur Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sukoharjo
Cerita
Byk dongeng yg terjadi di dunia demen yang satu ini. Tetapi bagi orang seperti saya, yang seorang kolektor, hobi ini, mencintai diecast sanggup menjadi sangat menguntungkan. Untuk item tertentu dpt kita hold/tahan hingga price naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya sanggup bakal weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir tahun nggak usah mengusik kas primer keluarga...he2...

Nah, sebenarnya byk prospek dari hal-hal yang kita sukai dengan kata lain dari semata-mata kesukaan kita bakal mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita mau menyikapinya, kepingin memulainya, kepingin menekuninya, seperti saya & kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sukoharjo

DIECAST MINIATUR MOBIL Sukoharjo

DIECAST MINIATUR MOBIL Sukoharjo

LihatTutupKomentar