DIECAST MINIATUR MOBIL Sumohai

DIECAST MINIATUR MOBIL Sumohai

DIECAST MINIATUR MOBIL Sumohai
Bapak/Ibu tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalau merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau beserta mendegar dong merk yang pertama... karna anak2 cowok selalu merengek minta dibelikan kalau ke minimarket dekat tempat tinggal atau supermarket-supermarket besar di kota, terkandung jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yaitu mainan dengan kata lain design yang diproduksi memakaikan kaidah die-casting, yg bermakna menggunakan cara pelelehan logam dengan kata lain logam buat lantas dituang bersama dicetak pantas dgn jenis yg diinginkan. Die-cast metal diproduksi dari logam (logam) serta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sumohai
Bahan
Metal yg dipake rata-rata yaitu zamak (mazak) yg ialah alloy (campuran) zinc (seng) dan alluminium. Zamak juga dikenal selaku white metal atau pot metal. Mainan yg normal menggunakan aturan die casting kebanyakan adalah mainan rupa dengan size perumpaannya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Kendatipun sesungguhnya apapun bisa dirancang dengan tips-tips ini.

Di atas merupakan istilah ilmiahnya, namun utk para penggemar diecast, para om bersama tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak betul-betul perduli dgn istilahnya, karena mereka dapat semacam keracunan / addicted kalo udah tersandung cinta pada design tertentu. Semacam para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dan lain-lain, ...seringkali para pencinta modeling tidak care k'lo versi mini incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan value selangit, alias nggak rasional untuk orang pd umumnya.

Model-model miniatur yang sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol ialah terma buat para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) produk koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini kendatipun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 dgn kata lain lebih), tetapi mendapatkan price ekonomi yang amat bagus k'lo kita dapat jeli menyaksikan peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) bisa memperoleh tambahan gaji dari menekuni penghidupan miniatur ini. Terlebih banyak yang sanggup menghidupi keluarganya murni semata-mata dari penghidupan modeling ini.

Kebetulan saya merupakan salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan saya selama menyukai mainan ini, sampai dengan terlibat dengan memperbuat jual-beli, rotasi uang di profesi mainan modeling ini nggak main-main. Di puluhan grup facebok yg penulis ikuti, ataupun di Instagram, masing-masing 24 jam ada ratusan transaksi positive jual belanja ataupun lelang yang nilainya dpt fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs diecast sekali menjalankan lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yang melaksanakan lelang kecil-kecilan alias sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sumohai

DIECAST MINIATUR MOBIL Sumohai

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, bila lima ribu pcs miniatur yg dilelang, liquiditas uang yg terjadi di sini dpt mencapai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Blm lagi kalo ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yang jual/beli jual belanja langsung...pasti angkanya bisa wow bagi mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sumohai
Harga
Value juga amat bermacam-macam dan mengarah menjelma tinggi, bahkan sangat tinggi untuk item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai diecast gantungan (sebutan utk hotwheels beserta lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi k'lo rupa miniatur tertentu sedang naik daun beserta menjelma incaran para kolektor, harganya mampu berubah ratusan ribu, jutaan, malahan puluhan juta. Versi Mini yg menjelma merchandise di event tertentu juga pasti mampu menjelma melambung harganya. Pada perhelatan IDE (Indonesia Miniatur Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sumohai
Cerita
Byk dongeng yang terjadi di dunia doyan yg satu ini. Tetapi bakal orang semacam saya, yg seorang kolektor, senang ini, mencintai versi mini dapat menjelma amat menguntungkan. Bakal item tertentu bisa kita hold/tahan hingga harga naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya sanggup bakal weekend bersama keluarga, alias jalan-jalan akhir thn nggak pake menggerecoki kas esensial keluarga...he2...

Nah, sesungguhnya byk kans dari hal-hal yg kita sukai atau dari semata-mata doyan kita buat mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita hendak menyikapinya, hendak memulainya, kepingin menekuninya, seperti saya bersama kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sumohai

DIECAST MINIATUR MOBIL Sumohai

DIECAST MINIATUR MOBIL Sumohai

LihatTutupKomentar