DIECAST MINIATUR MOBIL Taliwang

DIECAST MINIATUR MOBIL Taliwang

DIECAST MINIATUR MOBIL Taliwang
Boss tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalau merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau bersama denger dong merk yg pertama... krn anak2 cowok senantiasa merengek minta dibelikan bila ke minimarket dekat hunian dgn kata lain supermarket-supermarket besar di kota, tergolong jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yakni mainan dengan kata lain rupa yang diproduksi memakekan kaidah die-casting, yang bermakna menggunakan proses pelelehan logam dgn kata lain metal untuk lantas dituang & dicetak pantas dgn jenis yang diinginkan. Die-cast metal dibuat dari metal (logam) bersama plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Taliwang
Bahan
Logam yg dipakai lazimnya merupakan zamak (mazak) yg yakni alloy (campuran) zinc (seng) dengan alluminium. Zamak juga dikenal sbg white metal alias pot metal. Mainan yang regular menerapkan langkah die casting kebanyakan ialah mainan jenis dengan size misalnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Biarpun sesungguhnya apapun dapat diurus dengan prosedur ini.

Di atas adalah istilah ilmiahnya, tetapi buat para penggemar diecast, para om dengan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tak betul-betul perduli dgn istilahnya, karna mereka mampu semacam keracunan / addicted jika sudah terjerembab cinta pd desain tertentu. Serupa para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, bersama lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini nggak peduli k'lo miniatur incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dgn value selangit, alias tidak rasional bakal orang pd umumnya.

Model-model miniatur yg sedang digandrungi, sebagaimana datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol yaitu sebutan bakal para kolektor yg juga siap di dol (jawa=jual) produk koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini biarpun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 dgn kata lain lebih), namun memperoleh price ekonomi yg sangat bagus kalo kita mampu jeli menonton peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dapat menemukan pelengkap gaji dari menekuni penghidupan modeling ini. Lebih-Lebih banyak yang dapat menghidupi keluarganya murni cuman dari karier versi mini ini.

Kebetulan saya adalah salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan saya semasa mengandrungi mainan ini, hingga dengan terlibat dan melaksanakan jual-beli, peredaran uang di usaha mainan versi mini ini nggak main-main. Di puluhan grup FB yg saya ikuti, ataupun di Instagram, masing-masing day ada ratusan transaksi bagus jual pesan ataupun lelang yang nilainya sanggup fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs diecast sekali menjalani lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yang menjalankan lelang kecil-kecilan alias sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Taliwang

DIECAST MINIATUR MOBIL Taliwang

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, bila 5000 pcs versi mini yg dilelang, peredaran uang yang terjadi di sini bisa menggapai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Belum lagi kalo ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yang jual/beli jual belanja langsung...pasti angkanya bisa wow buat mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Taliwang
Harga
Nilai juga sangat beragam & berat menjelma tinggi, terlebih sangat tinggi bakal item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Price versi mini gantungan (sebutan bakal hotwheels dengan lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi jika desain diecast tertentu sedang naik daun dan berubah incaran para kolektor, harganya sanggup menjadi ratusan ribu, jutaan, lebih-lebih puluhan juta. Modeling yang menjadi merchandise di event tertentu juga pasti dpt menjelma melambung harganya. Pada perhelatan IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise modeling morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Taliwang
Cerita
Banyak cerita yg terjadi di dunia suka yg satu ini. Tapi utk orang semacam saya, yang seorang kolektor, senang ini, mencintai modeling dpt berubah amat menguntungkan. Buat item tertentu dpt kita hold/tahan hingga nilai naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dpt bagi weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir thn minus merecoki kas utama keluarga...he2...

Nah, sesungguhnya byk potensi dari hal-hal yg kita sukai alias dari sekadar kesukaan kita buat mendatangkan uang, tinggal dengan langkah apa kita ingin menyikapinya, mau memulainya, ingin menekuninya, sebagaimana penulis serta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Taliwang

DIECAST MINIATUR MOBIL Taliwang

DIECAST MINIATUR MOBIL Taliwang

LihatTutupKomentar