DIECAST MINIATUR MOBIL Tegalsari

DIECAST MINIATUR MOBIL Tegalsari

DIECAST MINIATUR MOBIL Tegalsari
Bapak/Ibu tahu diecast?

Mobil-mobilan?

K'Lo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau bersama dengar dong merk yg pertama... karena anak2 laki-laki senantiasa merengek minta dibelikan kalo ke minimarket dekat properti atau supermarket-supermarket besar di kota, termuat jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast ialah mainan dgn kata lain desain yg diproduksi menggunakan metode die-casting, yg berarti memakai prosedur pelelehan logam dgn kata lain logam bakal lalu dituang bersama dicetak bertimbal dgn rupa yang diinginkan. Die-cast metal dikerjakan dari metal (logam) dengan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tegalsari
Bahan
Logam yg dipakai umumnya merupakan zamak (mazak) yang merupakan alloy (campuran) zinc (seng) beserta alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white metal dengan kata lain pot metal. Mainan yang normal memakaikan proses die casting rata-rata merupakan mainan design dengan size umpamanya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Walaupun sebetulnya apapun dpt dikerjakan dengan cara ini.

Di atas merupakan terma ilmiahnya, namun buat para penggemar diecast, para om serta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak banget perduli dengan istilahnya, karena mereka dapat sebagaimana keracunan / addicted kalau sudah terjerembab cinta pd design tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, beserta lain-lain, ...seringkali para pencinta modeling nggak care bila miniatur incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dgn harga selangit, dgn kata lain tidak rasional bakal orang pd umumnya.

Model-model miniatur yg sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah amat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol merupakan terma bakal para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) persediaan koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini meskipun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 dengan kata lain lebih), tetapi memiliki value ekonomi yg amat bagus k'lo kita dapat jeli menengok peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) sanggup menemukan tambahan penghasilan dari menekuni profesi modeling ini. Lebih-Lebih byk yang sanggup menghidupi keluarganya murni hyn dari profesi modeling ini.

Kebetulan penulis ialah salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya selagi hobi mainan ini, sampai dgn terlibat dengan memperbuat jual-beli, liquiditas uang di penghidupan mainan versi mini ini tidak main-main. Di puluhan grup facebok yang penulis ikuti, ataupun di Instagram, masing-masing 24 jam ada ratusan jual/beli positive jual beli ataupun lelang yg nilainya mampu fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yg menghabiskan 5000-1000 pcs miniatur sekali mengerjakan lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yg menjalani lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tegalsari

DIECAST MINIATUR MOBIL Tegalsari

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalo 5000 pcs versi mini yang dilelang, peredaran uang yang terjadi di sini sanggup mencapai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Blm lagi k'lo ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yang jual/beli jual membeli langsung...pasti angkanya dpt wow untuk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tegalsari
Harga
Value juga amat beragam & miring berubah tinggi, terlebih sangat tinggi buat item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Harga diecast gantungan (sebutan bagi hotwheels & lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun k'lo model diecast tertentu sedang naik daun dengan berubah incaran para kolektor, harganya dapat berubah ratusan ribu, jutaan, lebih-lebih puluhan juta. Miniatur yg menjadi merchandise di event tertentu juga pasti sanggup menjelma melambung harganya. Pada perhelatan IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tegalsari
Cerita
Byk dongeng yang terjadi di dunia demen yang satu ini. Tapi bakal orang seperti saya, yg seorang kolektor, kegemaran ini, mencintai versi mini sanggup menjelma sangat menguntungkan. Buat item tertentu dpt kita hold/tahan hingga nilai naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dpt bagi weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir tahun tanpa merecoki kas utama keluarga...he2...

Nah, sesungguhnya byk kesempatan dari hal-hal yg kita sukai dgn kata lain dari cuma kesenangan kita buat mendatangkan uang, tinggal gimana kita kepingin menyikapinya, pengen memulainya, ingin menekuninya, serupa penulis serta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tegalsari

DIECAST MINIATUR MOBIL Tegalsari

DIECAST MINIATUR MOBIL Tegalsari

LihatTutupKomentar