DIECAST MINIATUR MOBIL Tenggarong

DIECAST MINIATUR MOBIL Tenggarong

DIECAST MINIATUR MOBIL Tenggarong
Boss tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Jika merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau serta denger dong merk yg pertama... krn anak2 cowo senantiasa merengek minta dibelikan kalau ke minimarket dekat permukiman atau supermarket-supermarket besar di kota, tertanam jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yaitu mainan atau jenis yang diproduksi memakekan strategi die-casting, yang bermakna menggunakan teknik pelelehan logam atau metal bakal selanjutnya dituang bersama dicetak sinkron dengan jenis yang diinginkan. Die-cast metal dirancang dari logam (logam) & plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tenggarong
Bahan
Logam yang diperlukan kebanyakan yakni zamak (mazak) yang adalah alloy (campuran) zinc (seng) dengan alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white metal dengan kata lain pot metal. Mainan yg regular memakaikan kaidah die casting biasanya yakni mainan rupa dengan size contohnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sungguhpun sesungguhnya apapun dpt dikerjakan dgn langkah ini.

Di atas adalah nama ilmiahnya, tetapi bakal para penggemar diecast, para om bersama tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini nggak berlebihan perduli dengan istilahnya, karena mereka sanggup serupa keracunan / addicted kalau udah jatuh cinta pada design tertentu. Serupa para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dan lain-lain, ...seringkali para pencinta diecast enggak concern bila modeling incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dgn nilai selangit, alias tidak rasional bagi orang pada umumnya.

Model-model miniatur yang sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah amat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol adalah terma buat para kolektor yg juga siap di dol (jawa=jual) stok koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini meskipun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 alias lebih), tapi memperoleh nilai ekonomi yg sangat bagus bila kita dpt jeli menyaksikan peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) sanggup menerima pelengkap honor dari menekuni profesi miniatur ini. Malahan byk yg mampu menghidupi keluarganya murni cuma dari penghidupan diecast ini.

Kebetulan penulis yaitu salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan saya semasa menyukai mainan ini, sampai dengan terlibat dengan melakukan jual-beli, rotasi uang di profesi mainan versi mini ini tak main-main. Di puluhan grup FB yang saya ikuti, maupun di Instagram, masing-masing 24 hour ada ratusan jual/beli positive jual membeli maupun lelang yang nilainya mampu fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs miniatur sekali melaksanakan lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yg melaksanakan lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tenggarong

DIECAST MINIATUR MOBIL Tenggarong

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, bila lima ribu pcs modeling yang dilelang, pergantian uang yg terjadi di sini bisa mencapai 100 juta sampai 300an juta rupiah. Belum lagi kalau ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg transaksi jual membeli langsung...pasti angkanya mampu wow untuk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tenggarong
Harga
Value juga sangat bervariasi & miring berubah tinggi, terlebih sangat tinggi bakal item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai versi mini gantungan (sebutan buat hotwheels beserta lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi k'lo model miniatur tertentu sedang naik daun beserta menjelma incaran para kolektor, harganya dapat berubah ratusan ribu, jutaan, lebih-lebih puluhan juta. Versi Mini yg menjelma merchandise di event tertentu juga pasti dpt berubah melambung harganya. Pada hajatan IDE (Indonesia Miniatur Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tenggarong
Cerita
Banyak cerita yang terjadi di dunia demen yg satu ini. Tapi buat orang semacam saya, yg seorang kolektor, kesenangan ini, mencintai versi mini dpt berubah sangat menguntungkan. Bagi item tertentu sanggup kita hold/tahan hingga value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dapat untuk weekend bersama keluarga, dgn kata lain jalan-jalan akhir tahun nggak pake menggerecoki kas primer keluarga...he2...

Nah, sedianya banyak probabilitas dari hal-hal yg kita sukai atau dari hanya suka kita utk mendatangkan uang, tinggal gimana kita hendak menyikapinya, ingin memulainya, kepingin menekuninya, serupa saya bersama kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tenggarong

DIECAST MINIATUR MOBIL Tenggarong

DIECAST MINIATUR MOBIL Tenggarong

LihatTutupKomentar