DIECAST MINIATUR MOBIL Tiakur

DIECAST MINIATUR MOBIL Tiakur

DIECAST MINIATUR MOBIL Tiakur
Kamu tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Bila merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau dengan mendegar dong merk yg pertama... krn anak2 cowo selamanya merengek minta dibelikan bila ke minimarket dekat hunian dengan kata lain supermarket-supermarket besar di kota, tercatat jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast merupakan mainan dgn kata lain design yg diproduksi memakaikan petunjuk die-casting, yang bermakna melalui proses pelelehan logam dengan kata lain logam bakal kemudian dituang beserta dicetak pantas dgn jenis yg diinginkan. Die-cast logam diciptakan dari metal (logam) serta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tiakur
Bahan
Logam yg diperlukan kebanyakan yakni zamak (mazak) yang yakni alloy (campuran) zinc (seng) bersama alluminium. Zamak juga dikenal sbg white metal atau pot metal. Mainan yang regular memakaikan teknik die casting biasanya yaitu mainan model dgn size perumpaannya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sungguhpun sedianya apapun dpt diproses dgn teknik ini.

Di atas adalah nama ilmiahnya, tetapi untuk para penggemar diecast, para om serta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak banget perduli dengan istilahnya, karna mereka dapat serupa keracunan / addicted kalau sudah jatuh cinta pd rupa tertentu. Semacam para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, serta lain-lain, ...seringkali para pencinta diecast enggak peduli kalau miniatur incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan nilai selangit, alias nggak rasional untuk orang pada umumnya.

Model-model versi mini yang sedang digandrungi, sebagaimana datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi amat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol yakni nama untuk para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) persediaan koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini kendatipun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 dengan kata lain lebih), namun mendapatkan value ekonomi yang amat bagus kalau kita dapat jeli menonton peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dpt menerima komplemen penghasilan dari menekuni penghidupan versi mini ini. Malahan banyak yang mampu menghidupi keluarganya murni hanya dari penghidupan versi mini ini.

Kebetulan penulis merupakan salah satu kolektor, sepanjang pengamatan penulis selagi mengandrungi mainan ini, sampai dgn terlibat & memperbuat jual-beli, sirkulasi uang di karier mainan modeling ini enggak main-main. Di puluhan grup FB yg penulis ikuti, ataupun di Instagram, masing-masing 24 hour ada ratusan jual/beli positif jual pesan maupun lelang yg nilainya dapat fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-1000 pcs miniatur sekali melakukan lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yang menjalani lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tiakur

DIECAST MINIATUR MOBIL Tiakur

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, bila lima ribu pcs modeling yg dilelang, perputaran uang yang terjadi di sini dapat sampai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Blm lagi kalo ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yang transaksi jual berbelanja langsung...pasti angkanya mampu wow utk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tiakur
Harga
Nilai juga sangat bervariasi beserta condong menjadi tinggi, terlebih amat tinggi untuk item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Value versi mini gantungan (sebutan bakal hotwheels dengan lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun bila jenis miniatur tertentu sedang naik daun dan menjadi incaran para kolektor, harganya mampu menjelma ratusan ribu, jutaan, lebih-lebih puluhan juta. Versi Mini yang menjelma merchandise di event tertentu juga pasti dpt menjelma melambung harganya. Pd perhelatan IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tiakur
Cerita
Banyak cerita yang terjadi di dunia demen yang satu ini. Tetapi untuk orang sebagaimana saya, yg seorang kolektor, kesenangan ini, mencintai modeling bisa menjadi sangat menguntungkan. Untuk item tertentu dpt kita hold/tahan hingga price naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya bisa bakal weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir thn tidak perlu menyusahkan kas esensial keluarga...he2...

Nah, sedianya banyak peluang dari hal-hal yg kita sukai atau dari sekadar demen kita bakal mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita pengen menyikapinya, ingin memulainya, ingin menekuninya, serupa saya dengan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tiakur

DIECAST MINIATUR MOBIL Tiakur

DIECAST MINIATUR MOBIL Tiakur

LihatTutupKomentar