DIECAST MINIATUR MOBIL Tual

DIECAST MINIATUR MOBIL Tual

DIECAST MINIATUR MOBIL Tual
Agan tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Bila merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti pernah tau beserta mendegar dong merk yg pertama... sebab anak2 pria senantiasa merengek minta dibelikan jika ke minimarket dekat bangunan alias supermarket-supermarket besar di kota, tercantum jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast ialah mainan dengan kata lain tipe yang diproduksi menerapkan kaidah die-casting, yang berarti memakai metode pelelehan logam alias metal untuk lantas dituang bersama dicetak sesuai dengan jenis yang diinginkan. Die-cast logam dirancang dari logam (logam) dengan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tual
Bahan
Metal yang dipakai umumnya yakni zamak (mazak) yg adalah alloy (campuran) zinc (seng) dan alluminium. Zamak juga dikenal selaku white metal dengan kata lain pot metal. Mainan yang umum menggunakan program die casting lazimnya adalah mainan jenis dgn ukuran perumpaannya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Walaupun sedianya apapun sanggup diciptakan dgn aturan ini.

Di atas yakni nama ilmiahnya, tetapi untuk para penggemar diecast, para om bersama tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini nggak terlampau perduli dgn istilahnya, karna mereka sanggup seperti keracunan / addicted kalo sudah terjerembab cinta pd jenis tertentu. Serupa para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, serta lain-lain, ...seringkali para pencinta diecast enggak care k'lo modeling incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan value selangit, dgn kata lain enggak rasional bagi orang pd umumnya.

Model-model modeling yg sedang digandrungi, sebagaimana datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol yaitu istilah utk para kolektor yang juga siap di dol (jawa=jual) barang koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sekalipun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 alias lebih), namun mempunyai harga ekonomi yg amat bagus kalo kita bisa jeli melihat peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dpt mendapatkan pelengkap gaji dari menekuni pencaharian versi mini ini. Terlebih banyak yg bisa menghidupi keluarganya murni cuma dari profesi diecast ini.

Kebetulan penulis yakni salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya selagi menggemari mainan ini, sampai dgn terlibat serta melaksanakan jual-beli, pertukaran uang di penghidupan mainan miniatur ini enggak main-main. Di puluhan grup FB yg saya ikuti, ataupun di Instagram, masing-masing hari ada ratusan transaksi positif jual membeli maupun lelang yg nilainya dapat fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs versi mini sekali melakukan lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yang memperbuat lelang kecil-kecilan alias sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tual

DIECAST MINIATUR MOBIL Tual

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, jika 5000 pcs versi mini yg dilelang, pergantian uang yang terjadi di sini mampu menggapai 100 juta hingga 300an juta rupiah. Belum lagi kalo ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg jual/beli jual beli langsung...pasti angkanya sanggup wow untuk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tual
Harga
Value juga amat bermacam-macam bersama condong menjadi tinggi, sampai-sampai amat tinggi bagi item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Value diecast gantungan (sebutan untuk hotwheels dan lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi kalau design diecast tertentu sedang naik daun bersama menjelma incaran para kolektor, harganya mampu berubah ratusan ribu, jutaan, malahan puluhan juta. Modeling yg menjelma merchandise di event tertentu juga pasti mampu menjadi melambung harganya. Pada agenda IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tual
Cerita
Banyak cerita yg terjadi di dunia doyan yg satu ini. Tetapi buat orang seperti saya, yg seorang kolektor, demen ini, mencintai versi mini dpt menjadi sangat menguntungkan. Bagi item tertentu dpt kita hold/tahan hingga price naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dpt bakal weekend bersama keluarga, dengan kata lain jalan-jalan akhir tahun tanpa merecoki kas primer keluarga...he2...

Nah, sebenarnya banyak prospek dari hal-hal yang kita sukai dengan kata lain dari hyn kegemaran kita buat mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita hendak menyikapinya, kepingin memulainya, hendak menekuninya, serupa saya dengan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tual

DIECAST MINIATUR MOBIL Tual

DIECAST MINIATUR MOBIL Tual

LihatTutupKomentar