DIECAST MINIATUR MOBIL Ujoh Bilang

DIECAST MINIATUR MOBIL Ujoh Bilang

DIECAST MINIATUR MOBIL Ujoh Bilang
Bapak/Ibu tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau dan denger dong merk yg pertama... sebab anak2 pria senantiasa merengek minta dibelikan k'lo ke minimarket dekat kediaman atau supermarket-supermarket gede di kota, tergolong jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast adalah mainan atau design yg diproduksi menerapkan cara die-casting, yg bermakna melalui operasi pelelehan logam atau metal untuk kemudian dituang & dicetak sebati dgn rupa yg diinginkan. Die-cast logam diproses dari metal (logam) serta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Ujoh Bilang
Bahan
Logam yang digunakan biasanya yakni zamak (mazak) yang yakni alloy (campuran) zinc (seng) dan alluminium. Zamak juga dikenal selaku white metal dengan kata lain pot metal. Mainan yg umum memakaikan teknik die casting lazimnya ialah mainan model dgn size misalnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Kendatipun sedianya apapun dpt diurus dengan teknik ini.

Di atas yaitu nama ilmiahnya, namun utk para penggemar diecast, para om dan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini nggak terlampau perduli dgn istilahnya, karna mereka dpt sebagaimana keracunan / addicted bila sudah jatuh cinta pd rupa tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, serta lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur tidak care k'lo versi mini incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dgn nilai selangit, dgn kata lain nggak rasional bagi orang pada umumnya.

Model-model miniatur yang sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol adalah terma untuk para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) barang koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini biarpun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 dengan kata lain lebih), tapi mendapatkan harga ekonomi yg amat bagus k'lo kita dpt jeli menonton peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dapat menemukan pelengkap salary dari menekuni pekerjaan miniatur ini. Malahan byk yg sanggup menghidupi keluarganya murni sekadar dari pencaharian miniatur ini.

Kebetulan saya ialah salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya selama menggemari mainan ini, hingga dengan terlibat beserta mengerjakan jual-beli, liquiditas uang di bisnis mainan miniatur ini tak main-main. Di puluhan grup FB yang saya ikuti, ataupun di Instagram, setiap 24 hour ada ratusan transaksi bagus jual pesan ataupun lelang yg nilainya sanggup fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-1000 pcs miniatur sekali melakukan lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yg melaksanakan lelang kecil-kecilan alias sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Ujoh Bilang

DIECAST MINIATUR MOBIL Ujoh Bilang

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, bila 5000 pcs versi mini yang dilelang, rotasi uang yang terjadi di sini mampu mencapai 100 juta sampai 300an juta rupiah. Blm lagi kalo ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yang transaksi jual beli langsung...pasti angkanya mampu wow bakal mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Ujoh Bilang
Harga
Harga juga amat beragam bersama berat berubah tinggi, terlebih amat tinggi untuk item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai versi mini gantungan (sebutan bakal hotwheels dengan lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun jika model versi mini tertentu sedang naik daun bersama berubah incaran para kolektor, harganya sanggup berubah ratusan ribu, jutaan, malahan puluhan juta. Diecast yang menjelma merchandise di event tertentu juga pasti sanggup menjadi melambung harganya. Pd acara IDE (Indonesia Diecast Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise miniatur morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Ujoh Bilang
Cerita
Byk dongeng yg terjadi di dunia kesenangan yg satu ini. Tetapi buat orang serupa saya, yang seorang kolektor, demen ini, mencintai versi mini bisa menjelma sangat menguntungkan. Utk item tertentu dapat kita hold/tahan hingga harga naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dapat bagi weekend bersama keluarga, dengan kata lain jalan-jalan akhir thn nggak usah merecoki kas primer keluarga...he2...

Nah, sesungguhnya byk potensi dari hal-hal yang kita sukai dengan kata lain dari semata-mata kegemaran kita bakal mendatangkan uang, tinggal dengan sistem apa kita pengen menyikapinya, hendak memulainya, kepingin menekuninya, sebagaimana saya & kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Ujoh Bilang

DIECAST MINIATUR MOBIL Ujoh Bilang

DIECAST MINIATUR MOBIL Ujoh Bilang

LihatTutupKomentar