DIECAST MINIATUR MOBIL Waibakul

DIECAST MINIATUR MOBIL Waibakul

DIECAST MINIATUR MOBIL Waibakul
Kamu tahu diecast?

Mobil-mobilan?

K'Lo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau & mendegar dong merk yg pertama... karena anak2 pria senantiasa merengek minta dibelikan bila ke minimarket dekat properti dgn kata lain supermarket-supermarket gede di kota, tertanam jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yakni mainan dengan kata lain tipe yang diproduksi memakekan proses die-casting, yg berarti menggunakan cara pelelehan logam alias logam untuk setelah itu dituang serta dicetak sesuai dengan model yg diinginkan. Die-cast metal dibuat dari logam (logam) beserta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Waibakul
Bahan
Logam yang digunakan umumnya yaitu zamak (mazak) yg yakni alloy (campuran) zinc (seng) serta alluminium. Zamak juga dikenal selaku white logam dgn kata lain pot metal. Mainan yang biasa memakaikan cara die casting rata-rata yaitu mainan model dengan ukuran perumpaannya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Walaupun sebenarnya apapun bisa diproses dgn bimbingan ini.

Di atas ialah terma ilmiahnya, namun bagi para penggemar diecast, para om dengan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak sangat perduli dgn istilahnya, sebab mereka dapat seperti keracunan / addicted kalau udah tersandung cinta pd rupa tertentu. Semacam para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, & lain-lain, ...seringkali para pencinta diecast tidak care k'lo modeling incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan value selangit, dgn kata lain tidak rasional bagi orang pd umumnya.

Model-model modeling yg sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol adalah terma bakal para kolektor yg juga siap di dol (jawa=jual) stock koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini biarpun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 alias lebih), namun memiliki price ekonomi yg sangat bagus jika kita dpt jeli menengok peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) mampu menerima extra gaji dari menekuni usaha miniatur ini. Malahan byk yang sanggup menghidupi keluarganya murni cukup dari profesi versi mini ini.

Kebetulan saya yakni salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan penulis semasa mengandrungi mainan ini, hingga dengan terlibat & menjalani jual-beli, liquiditas uang di penghidupan mainan versi mini ini tidak main-main. Di puluhan grup FB yg saya ikuti, ataupun di Instagram, masing-masing 24 hour ada ratusan transaksi baik jual membeli ataupun lelang yang nilainya dapat fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yg menghabiskan 5000-Seribu pcs versi mini sekali menjalankan lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yg mengerjakan lelang kecil-kecilan alias sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Waibakul

DIECAST MINIATUR MOBIL Waibakul

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalo 5000 pcs miniatur yang dilelang, rotasi uang yg terjadi di sini mampu menggapai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Belum lagi bila ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yg jual/beli jual beli langsung...pasti angkanya dapat wow untuk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Waibakul
Harga
Nilai juga amat bervariasi & mengarah menjadi tinggi, terlebih sangat tinggi untuk item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Price diecast gantungan (sebutan buat hotwheels bersama lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi bila rupa diecast tertentu sedang naik daun beserta menjelma incaran para kolektor, harganya dapat menjadi ratusan ribu, jutaan, sampai-sampai puluhan juta. Versi Mini yg menjadi merchandise di event tertentu juga pasti dpt menjadi melambung harganya. Pada perhelatan IDE (Indonesia Miniatur Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Waibakul
Cerita
Banyak cerita yang terjadi di dunia doyan yg satu ini. Tapi bakal orang serupa saya, yang seorang kolektor, suka ini, mencintai versi mini mampu menjelma sangat menguntungkan. Untuk item tertentu sanggup kita hold/tahan hingga price naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dpt utk weekend bersama keluarga, dgn kata lain jalan-jalan akhir tahun minus mengganggu kas pokok keluarga...he2...

Nah, sebenarnya byk kesempatan dari hal-hal yang kita sukai atau dari hyn kegemaran kita untuk mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita mau menyikapinya, ingin memulainya, kepingin menekuninya, semacam penulis beserta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Waibakul

DIECAST MINIATUR MOBIL Waibakul

DIECAST MINIATUR MOBIL Waibakul

LihatTutupKomentar