DIECAST MINIATUR MOBIL Watampone

DIECAST MINIATUR MOBIL Watampone

DIECAST MINIATUR MOBIL Watampone
Boss tahu diecast?

Mobil-mobilan?

K'Lo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau bersama mendegar dong merk yang pertama... karena anak2 pria senantiasa merengek minta dibelikan jika ke minimarket dekat permukiman dengan kata lain supermarket-supermarket gede di kota, terlingkungi jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast ialah mainan alias desain yg diproduksi memakaikan tips die-casting, yang berarti menggunakan teknik pelelehan metal atau metal utk lantas dituang dengan dicetak sesuai dgn jenis yang diinginkan. Die-cast logam diproses dari logam (logam) dan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Watampone
Bahan
Metal yang dipake umumnya adalah zamak (mazak) yang merupakan alloy (campuran) zinc (seng) & alluminium. Zamak juga dikenal sbg white logam dgn kata lain pot metal. Mainan yang lazim menggunakan aturan die casting kebanyakan yaitu mainan desain dengan skala umpamanya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sungguhpun sedianya apapun dapat dibuat dengan tata cara ini.

Di atas adalah nama ilmiahnya, namun bakal para penggemar diecast, para om dengan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini nggak kelewat perduli dgn istilahnya, krn mereka dapat serupa keracunan / addicted kalau udah terjerembab cinta pd desain tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, & lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur tak concern kalau versi mini incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dgn price selangit, alias enggak rasional buat orang pd umumnya.

Model-model miniatur yg sedang digandrungi, semacam datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma amat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol adalah nama buat para kolektor yg juga siap di dol (jawa=jual) produk koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini biarpun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 dengan kata lain lebih), tetapi memiliki value ekonomi yg amat bagus jika kita sanggup jeli melihat peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) sanggup memperoleh pelengkap nafkah dari menekuni bisnis diecast ini. Terlebih byk yg dapat menghidupi keluarganya murni sekadar dari profesi diecast ini.

Kebetulan saya yaitu salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan saya semasa mengandrungi mainan ini, hingga dgn terlibat bersama menjalankan jual-beli, perpindahan uang di karier mainan modeling ini nggak main-main. Di puluhan grup FB yang saya ikuti, maupun di Instagram, setiap hari ada ratusan transaksi baik jual belanja maupun lelang yang nilainya mampu fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs diecast sekali menjalani lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yang melakukan lelang kecil-kecilan alias sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Watampone

DIECAST MINIATUR MOBIL Watampone

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalo 5000 pcs modeling yang dilelang, perpindahan uang yang terjadi di sini dapat sampai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Belom lagi kalau ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg transaksi jual beli langsung...pasti angkanya dpt wow untuk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Watampone
Harga
Value juga amat beragam beserta miring menjelma tinggi, malahan amat tinggi bakal item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Value versi mini gantungan (sebutan untuk hotwheels dan lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi k'lo model miniatur tertentu sedang naik daun bersama berubah incaran para kolektor, harganya dapat menjelma ratusan ribu, jutaan, bahkan puluhan juta. Versi Mini yang berubah merchandise di event tertentu juga pasti bisa menjelma melambung harganya. Pd perhelatan IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise modeling morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Watampone
Cerita
Banyak dongeng yg terjadi di dunia demen yang 1 ini. Tapi bagi orang seperti saya, yg seorang kolektor, demen ini, mencintai miniatur dapat berubah sangat menguntungkan. Buat item tertentu bisa kita hold/tahan sampai harga naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya sanggup untuk weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir tahun tanpa menghalangi kas pokok keluarga...he2...

Nah, sebenarnya byk kesempatan dari hal-hal yg kita sukai alias dari sekadar gemar kita untuk mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita hendak menyikapinya, hendak memulainya, hendak menekuninya, serupa penulis & kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Watampone

DIECAST MINIATUR MOBIL Watampone

DIECAST MINIATUR MOBIL Watampone

LihatTutupKomentar