DIECAST MINIATUR MOBIL Way Kanan

DIECAST MINIATUR MOBIL Way Kanan

DIECAST MINIATUR MOBIL Way Kanan
Jurangan tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Jika merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti pernah tau & mendegar dong merk yang pertama... sebab anak2 cowok senantiasa merengek minta dibelikan bila ke minimarket dekat rumah atau supermarket-supermarket gede di kota, tercatat jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast adalah mainan alias model yang diproduksi menggunakan langkah die-casting, yang bermakna melalui proses pelelehan metal alias metal bagi setelah itu dituang & dicetak bertimbal dgn rupa yang diinginkan. Die-cast metal diciptakan dari metal (logam) serta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Way Kanan
Bahan
Logam yang dipegunakan umumnya ialah zamak (mazak) yg ialah alloy (campuran) zinc (seng) & alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white metal atau pot metal. Mainan yg biasa memakaikan aturan die casting kebanyakan adalah mainan tipe dgn ukuran umpamanya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Meskipun sebenarnya apapun dapat dirancang dgn tips-tips ini.

Di atas merupakan istilah ilmiahnya, namun untuk para penggemar diecast, para om beserta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini nggak terlalu perduli dgn istilahnya, krn mereka bisa serupa keracunan / addicted kalau udah terjerembab cinta pada tipe tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, & lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur nggak peduli kalo modeling incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan value selangit, alias enggak rasional untuk orang pd umumnya.

Model-model diecast yg sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni maupun para kolekdol. Kolekdol adalah nama bagi para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) produk koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sekalipun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 dengan kata lain lebih), namun mempunyai price ekonomi yg sangat bagus kalau kita bisa jeli memandang peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) sanggup mendapatkan pelengkap salary dari menekuni usaha diecast ini. Lebih-Lebih banyak yang dpt menghidupi keluarganya murni cukup dari bisnis versi mini ini.

Kebetulan penulis yakni salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan penulis selama hobi mainan ini, sampai dgn terlibat serta menjalani jual-beli, perputaran uang di pencaharian mainan miniatur ini nggak main-main. Di puluhan grup facebok yg saya ikuti, ataupun di Instagram, setiap 24 jam ada ratusan jual/beli baik jual pesan maupun lelang yg nilainya sanggup fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs modeling sekali menjalankan lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yang memperbuat lelang kecil-kecilan dgn kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Way Kanan

DIECAST MINIATUR MOBIL Way Kanan

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalo lima ribu pcs diecast yg dilelang, pertukaran uang yg terjadi di sini sanggup menggapai 100 juta sampai 300an juta rupiah. Belum lagi jika ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yang transaksi jual pesan langsung...pasti angkanya sanggup wow bakal mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Way Kanan
Harga
Price juga amat bervariasi dengan mengarah berubah tinggi, lebih-lebih sangat tinggi bakal item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Price versi mini gantungan (sebutan bakal hotwheels dan lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun kalo model modeling tertentu sedang naik daun dengan berubah incaran para kolektor, harganya dpt menjadi ratusan ribu, jutaan, bahkan puluhan juta. Versi Mini yang berubah merchandise di event tertentu juga pasti mampu menjelma melambung harganya. Pada hajatan IDE (Indonesia Diecast Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Way Kanan
Cerita
Byk cerita yg terjadi di dunia minat yang 1 ini. Tapi buat orang serupa saya, yg seorang kolektor, demen ini, mencintai miniatur bisa berubah amat menguntungkan. Utk item tertentu bisa kita hold/tahan hingga price naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dapat buat weekend bersama keluarga, alias jalan-jalan akhir tahun minus mengacaukan kas pokok keluarga...he2...

Nah, sedianya byk probabilitas dari hal-hal yg kita sukai alias dari cuma suka kita untuk mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita hendak menyikapinya, hendak memulainya, ingin menekuninya, sebagaimana saya serta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Way Kanan

DIECAST MINIATUR MOBIL Way Kanan

DIECAST MINIATUR MOBIL Way Kanan

LihatTutupKomentar