DIECAST MINIATUR MOBIL Weda

DIECAST MINIATUR MOBIL Weda

DIECAST MINIATUR MOBIL Weda
Agan tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalau merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau serta mendegar dong merk yang pertama... karena anak2 cowok senantiasa merengek minta dibelikan k'lo ke minimarket dekat bangunan dgn kata lain supermarket-supermarket besar di kota, termasuk jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yaitu mainan alias model yg diproduksi memakekan sistem die-casting, yang bermakna melalui cara pelelehan metal alias logam utk setelah itu dituang & dicetak serasi dengan model yang diinginkan. Die-cast metal diproses dari logam (logam) bersama plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Weda
Bahan
Logam yg diperlukan biasanya yaitu zamak (mazak) yg yakni alloy (campuran) zinc (seng) & alluminium. Zamak juga dikenal bagaikan white metal dengan kata lain pot metal. Mainan yang regular memakekan panduan die casting rata-rata ialah mainan tipe dgn skala ibaratnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sungguhpun sedianya apapun bisa diciptakan dengan prosedur ini.

Di atas yakni istilah ilmiahnya, namun buat para penggemar diecast, para om beserta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tak amat perduli dengan istilahnya, karna mereka bisa seperti keracunan / addicted kalau sudah tersandung cinta pd model tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dan lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur enggak peduli kalau diecast incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan price selangit, dengan kata lain tak rasional utk orang pada umumnya.

Model-model miniatur yang sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi amat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol yakni sebutan bagi para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) stock koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini biarpun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 alias lebih), namun memiliki price ekonomi yg sangat bagus jika kita mampu jeli memandang peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) mampu mendapatkan komplemen nafkah dari menekuni usaha miniatur ini. Malahan banyak yg mampu menghidupi keluarganya murni cuma dari pencaharian versi mini ini.

Kebetulan saya yakni salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan penulis semasa menyukai mainan ini, sampai dengan terlibat beserta mengerjakan jual-beli, rotasi uang di usaha mainan modeling ini tidak main-main. Di puluhan grup FB yang saya ikuti, ataupun di Instagram, setiap 24 jam ada ratusan transaksi positif jual beli ataupun lelang yg nilainya dapat fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yang menghabiskan 5000-1000 pcs modeling sekali menjalankan lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yg mengerjakan lelang kecil-kecilan atau sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Weda

DIECAST MINIATUR MOBIL Weda

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalo lima ribu pcs diecast yg dilelang, rotasi uang yang terjadi di sini dpt menggapai 100 juta sampai 300an juta rupiah. Belum lagi bila ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yang transaksi jual berbelanja langsung...pasti angkanya bisa wow buat mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Weda
Harga
Price juga sangat beragam dengan cenderung berubah tinggi, bahkan amat tinggi bakal item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Harga diecast gantungan (sebutan bakal hotwheels & lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun bila design diecast tertentu sedang naik daun serta berubah incaran para kolektor, harganya dpt menjelma ratusan ribu, jutaan, sampai-sampai puluhan juta. Miniatur yang berubah merchandise di event tertentu juga pasti sanggup menjadi melambung harganya. Pd agenda IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise miniatur morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Weda
Cerita
Banyak dongeng yang terjadi di dunia demen yang 1 ini. Tapi untuk orang seperti saya, yg seorang kolektor, senang ini, mencintai diecast bisa berubah amat menguntungkan. Utk item tertentu mampu kita hold/tahan hingga value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dpt bakal weekend bersama keluarga, alias jalan-jalan akhir thn nggak pake mengusik kas esensial keluarga...he2...

Nah, sesungguhnya byk potensi dari hal-hal yang kita sukai dgn kata lain dari hanya demen kita buat mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita mau menyikapinya, kepingin memulainya, ingin menekuninya, semacam penulis & kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Weda

DIECAST MINIATUR MOBIL Weda

DIECAST MINIATUR MOBIL Weda

LihatTutupKomentar