DIECAST MINIATUR MOBIL Wonokusumo

DIECAST MINIATUR MOBIL Wonokusumo

DIECAST MINIATUR MOBIL Wonokusumo
Agan tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Bila merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti pernah tau & mendegar dong merk yang pertama... karena anak2 laki-laki senantiasa merengek minta dibelikan bila ke minimarket dekat kediaman dgn kata lain supermarket-supermarket gede di kota, terkandung jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast merupakan mainan dgn kata lain tipe yang diproduksi memakekan langkah die-casting, yang berarti melalui operasi pelelehan metal atau metal untuk sesudahnya dituang & dicetak setakar dgn jenis yang diinginkan. Die-cast metal dibuat dari metal (logam) beserta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Wonokusumo
Bahan
Logam yang dipakai biasanya yakni zamak (mazak) yg adalah alloy (campuran) zinc (seng) dengan alluminium. Zamak juga dikenal bagaikan white logam atau pot metal. Mainan yang lazim menggunakan kaidah die casting kebanyakan merupakan mainan tipe dgn size ibaratnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Kendatipun sedianya apapun dapat diciptakan dgn bimbingan ini.

Di atas adalah terma ilmiahnya, tapi bakal para penggemar diecast, para om & tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak terlalu perduli dengan istilahnya, krn mereka sanggup serupa keracunan / addicted jika sudah terjerembab cinta pada desain tertentu. Semacam para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, beserta lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur enggak concern jika diecast incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dgn nilai selangit, dgn kata lain tak rasional untuk orang pd umumnya.

Model-model diecast yg sedang digandrungi, sebagaimana datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol ialah nama bakal para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) produk koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini kendatipun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 alias lebih), tapi mendapatkan nilai ekonomi yang sangat bagus k'lo kita bisa jeli memandang peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) mampu memperoleh lebih penghidupan dari menekuni karier versi mini ini. Sampai-Sampai byk yang dapat menghidupi keluarganya murni cuman dari penghidupan versi mini ini.

Kebetulan saya adalah salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan penulis semasa menggemari mainan ini, sampai dengan terlibat beserta menjalankan jual-beli, pertukaran uang di pencaharian mainan versi mini ini tidak main-main. Di puluhan grup FB yang penulis ikuti, maupun di Instagram, tiap hari ada ratusan transaksi bagus jual berbelanja maupun lelang yang nilainya mampu fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yg menghabiskan 5000-1000 pcs diecast sekali menjalani lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yg menjalani lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Wonokusumo

DIECAST MINIATUR MOBIL Wonokusumo

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, bila 5000 pcs miniatur yang dilelang, pertukaran uang yang terjadi di sini bisa mencapai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Belom lagi k'lo ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yang jual/beli jual belanja langsung...pasti angkanya sanggup wow utk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Wonokusumo
Harga
Harga juga amat berupa-rupa serta cenderung menjelma tinggi, sampai-sampai amat tinggi untuk item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Price miniatur gantungan (sebutan untuk hotwheels bersama lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi jika tipe versi mini tertentu sedang naik daun & menjelma incaran para kolektor, harganya dpt menjelma ratusan ribu, jutaan, bahkan puluhan juta. Miniatur yang menjadi merchandise di event tertentu juga pasti dapat menjelma melambung harganya. Pd agenda IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise miniatur morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Wonokusumo
Cerita
Banyak dongeng yang terjadi di dunia kegemaran yg 1 ini. Namun bakal orang semacam saya, yg seorang kolektor, minat ini, mencintai modeling dpt menjelma sangat menguntungkan. Utk item tertentu dapat kita hold/tahan hingga value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya mampu bagi weekend bersama keluarga, alias jalan-jalan akhir thn minus mengganggu kas primer keluarga...he2...

Nah, sebenarnya byk peluang dari hal-hal yg kita sukai atau dari hanya senang kita untuk mendatangkan uang, tinggal gimana kita ingin menyikapinya, hendak memulainya, mau menekuninya, sebagaimana penulis dan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Wonokusumo

DIECAST MINIATUR MOBIL Wonokusumo

DIECAST MINIATUR MOBIL Wonokusumo

LihatTutupKomentar