DIECAST MINIATUR MOBIL Aceh Barat Daya

DIECAST MINIATUR MOBIL Aceh Barat Daya

DIECAST MINIATUR MOBIL Aceh Barat Daya
Bapak/Ibu tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Jika merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau & mendegar dong merk yg pertama... sebab anak2 laki-laki selalu merengek minta dibelikan kalau ke minimarket dekat bangunan atau supermarket-supermarket besar di kota, tercantum jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast merupakan mainan atau tipe yang diproduksi menggunakan tutorial die-casting, yg berarti memakai cara pelelehan metal atau metal utk kemudian dituang serta dicetak pantas dgn rupa yang diinginkan. Die-cast metal dikerjakan dari logam (logam) serta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Aceh Barat Daya
Bahan
Logam yang dipegunakan umumnya merupakan zamak (mazak) yang yaitu alloy (campuran) zinc (seng) beserta alluminium. Zamak juga dikenal selaku white metal alias pot metal. Mainan yg umum menggunakan kaidah die casting kebanyakan ialah mainan model dengan skala ibaratnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Meskipun sebenarnya apapun dpt diurus dengan tips ini.

Di atas merupakan terma ilmiahnya, tapi bagi para penggemar diecast, para om serta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tak terlalu perduli dgn istilahnya, karena mereka mampu serupa keracunan / addicted bila sudah terjerembab cinta pada jenis tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dan lain-lain, ...seringkali para pencinta diecast tak concern bila diecast incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dgn nilai selangit, alias tidak rasional utk orang pd umumnya.

Model-model diecast yg sedang digandrungi, semacam datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi amat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol ialah istilah buat para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) barang koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini meskipun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 atau lebih), tetapi memperoleh value ekonomi yg sangat bagus kalo kita dpt jeli menengok peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dapat memperoleh lbh nafkah dari menekuni karier modeling ini. Lebih-Lebih byk yg mampu menghidupi keluarganya murni cukup dari profesi modeling ini.

Kebetulan penulis adalah salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan penulis selagi hobi mainan ini, hingga dengan terlibat & melakukan jual-beli, liquiditas uang di karier mainan miniatur ini tak main-main. Di puluhan grup facebok yg saya ikuti, ataupun di Instagram, masing-masing 24 hour ada ratusan transaksi positive jual berbelanja maupun lelang yang nilainya dapat fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yg menghabiskan 5000-Seribu pcs versi mini sekali melaksanakan lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yg melakukan lelang kecil-kecilan alias sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Aceh Barat Daya

DIECAST MINIATUR MOBIL Aceh Barat Daya

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, jika lima ribu pcs versi mini yg dilelang, perputaran uang yang terjadi di sini mampu menggapai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Belom lagi kalau ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yang transaksi jual beli langsung...pasti angkanya dpt wow utk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Aceh Barat Daya
Harga
Nilai juga amat beragam dan condong menjadi tinggi, bahkan amat tinggi untuk item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Harga diecast gantungan (sebutan untuk hotwheels dengan lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi k'lo model versi mini tertentu sedang naik daun & menjelma incaran para kolektor, harganya dapat berubah ratusan ribu, jutaan, terlebih puluhan juta. Miniatur yang menjadi merchandise di event tertentu juga pasti sanggup menjadi melambung harganya. Pada kegiatan IDE (Indonesia Diecast Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Aceh Barat Daya
Cerita
Byk cerita yg terjadi di dunia kesukaan yang satu ini. Namun utk orang sebagaimana saya, yang seorang kolektor, demen ini, mencintai miniatur mampu berubah sangat menguntungkan. Utk item tertentu sanggup kita hold/tahan hingga nilai naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya sanggup untuk weekend bersama keluarga, dgn kata lain jalan-jalan akhir thn tanpa menyusahkan kas pokok keluarga...he2...

Nah, sebenarnya banyak peluang dari hal-hal yang kita sukai alias dari sekadar suka kita utk mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita kepingin menyikapinya, mau memulainya, mau menekuninya, seperti saya & kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Aceh Barat Daya

DIECAST MINIATUR MOBIL Aceh Barat Daya

DIECAST MINIATUR MOBIL Aceh Barat Daya

LihatTutupKomentar